Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes.
Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.
Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar
Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes dari seal oli crankshaft depan dan seal balancer kiri.
Gambar TimingBelt Kuda diesel original
Mumpung Timing Belt cover lagi dibuka, sekalian aja ganti Timing Belt & Balancer Belt-nya, coz dari beli second kemarin nih boil kuda diesel belum sempat ganti Timing Belt set, daripada resiko putus coz gak ada histori kapan terakhir kali nih Timingbelt diganti.
Kalo diliat sih timing Belt yang terpasang adalah original, merk UNITTA dan ada logo dan tulisan Mitsubishi di Beltnya. Secara fisik juga keliatan masih bagus belum ada cacat tapi basah coz kena rembesan oli mesin jadi bahaya mending diganti sekalian sama seal-seal lengkap.
Gambar Seal crankshaft dan seal balancer
Berikut perinciannya daftar belanjaan Ane :
Timing Belt panjang : Rp 800.000 (MD 300470)
Timing Belt pendek : Rp 350.000 (MD 310484)
Tensioner besar : Rp 250.000
Tensioner kecil : Rp 200.000
Camshaft Oil Seal FR : Rp 90.000
Crankshaft Oil Seal FR : Rp 90.000
Balancer Oil Seal - RH : Rp 55.000
Balancer Oil Seal - LH : Rp 55.000
----------------------------------------------------- +
Total sparepart : Rp 1.890.000
Plus Jasa Bongkar-Pasang : Rp 250.000
Sebenernya sih yang rembes cuman seal crankshaft depan sama seal balancer kiri, cuman mumpung lagi dibongkar yah mendingan diganti sekalian aja biar sekalian fit? dan nyaman dipakai beberapa tahun kedepan.
Alhamdulillah pukul 3:00 sore boil kuda diesel ane sudah ready...Hmmm hampir seharian penuh ane nunggu dibengkel buat service dan jalan ke toko buat beli sparepart tadi. Capek tapi lega begitu kelar, sekarang boil ane sudah sehat dan siap diajak luar kota lagi.
TIPS:
Ada tips dari temen-temen di Komunitas Kuda Kaskus (agan rantanplanz kalo gak salah...), waktu beli part timingbelt set di toko bilang aja buat L300new 2500cc jadi bisa dapet sparepart ori dengan harga lebih murah, coz mesin L300 diesel sama dengan mesin Kuda diesel yakni mesin legendaris 4D56.
Pertimbangannya lagi dengan populasi L300 yang lebih banyak so tahun produksi TimingBelt jadi dapat lebih baru.
Sebenernya sih yang rembes cuman seal crankshaft depan sama seal balancer kiri, cuman mumpung lagi dibongkar yah mendingan diganti sekalian aja biar sekalian fit? dan nyaman dipakai beberapa tahun kedepan.
Alhamdulillah pukul 3:00 sore boil kuda diesel ane sudah ready...Hmmm hampir seharian penuh ane nunggu dibengkel buat service dan jalan ke toko buat beli sparepart tadi. Capek tapi lega begitu kelar, sekarang boil ane sudah sehat dan siap diajak luar kota lagi.
TIPS:
Ada tips dari temen-temen di Komunitas Kuda Kaskus (agan rantanplanz kalo gak salah...), waktu beli part timingbelt set di toko bilang aja buat L300new 2500cc jadi bisa dapet sparepart ori dengan harga lebih murah, coz mesin L300 diesel sama dengan mesin Kuda diesel yakni mesin legendaris 4D56.
Pertimbangannya lagi dengan populasi L300 yang lebih banyak so tahun produksi TimingBelt jadi dapat lebih baru.
Nice share Mas... numpang tanya, koq mahal sekali ya ganti timingbelt set kuda? apa tdk bs pke yang part kw tp berkualitas? kalo ada boleh dishare. trma kasih.
BalasHapusJadi gini... Kuda diesel gunain 2 timingbelt (panjang & pendek) yg harus ganti dua-dua nya tiap 60.000 km. TB panjang berfungsi mengatur putaran camshaft dan injection pump (bosch pump) secara sinkron dengan putaran crankshaft. TB pendek berfungsi sebagai balancer yg membuat getaran mesin lebih halus.
HapusGunakan TB yg ori, jangan sekali-kali menggunakan non ori karena TB terpasang di dalam mesin dan jika putus maka seker akan menghantam Klep, karena putaran tidak sinkron.
Kalo mau ngirit, TB bisa gunakan part number MZ lebih murah dari MD:
TB panjang (MZ690610)
TB pendek (MZ690609)
Sedang tensioner bisa gunakan merk NTN:
Tensioner besar (JPU 60-129+JF337)
Tensioner kecil (JPU 58-010A-1)
Demikian, semoga membantu. tks
Boss ku Mitshubishi kuda diesel enak ga buat nanjak2..
BalasHapusTerus untuk menguras tangki solar butuh berapa km?
enak bangett buat nanjak coz torsi mesin diesel gede.
Hapuskuras tangki bisa setahun sekali atau 20.000 km
kalo ada rembes di sebelah kiri power stering dan karet spiralna sobek.. sedang yang kanan tidak rembes tapi karet spiralnya robek..dan dilihat di box oli power stering tidak berkurang,, gimana solusinya..aman ga kalo kendaraan tsb dipake keluar kota..trim
BalasHapussolusinya ya dibawa ke bengkel gan... buat ganti seal power steering.
Hapussementara sebelum ke bengkel kl pergi2 jauh jgn lupa bawa minyak PS buat jaga2
mitsubishi kuda diamond tahun 2002
BalasHapuskenapa om? mau dijual? hehehe....
Hapusbensin
BalasHapusenakan yg diesel kl kuda, tenaga mantul...BBM irit
HapusMau tanya as kruk bisa patah kenapa ya ..estimasi biaya ganti as kruk kuda bensin 1.6
BalasHapuskruk as bisa patah karena beberapa hal:
Hapus1. Sistem pelumasan di metal duduk dan metal jalan yg bermasalah,
2. atau bisa juga karena karena pernah dibubut yg tidak sesuai rekomendasi pabrik.
Harga kruk as bs ditanyakan ditoko2 sparepart gan.
mantabb gan @masdur penjelasanya
Hapus
BalasHapusRekomendasi Bengkel Mitsubishi Diesel Diamond 2003 di daerah Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur dimana ya...
Info bengkel recommended di jkt timur dari komunitas kuda ini gan:
BalasHapus1. Berlian Maju Motor, alamat: Jl. Raden Inten II No. 188A, Duren Sawit, Jaktim
2. Berlian Motor, alamt: Jl. Masjid Al-Wustho No.7 Pondok Bambu, Jakarta Timur.
Semoga bermanfaat
Kalo untuk bengkel komunitas kuda di bandung di mna ya gan?
BalasHapuscoba join ke kmk Bandung mas
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSy pengguna Mitsubishi diesel GLs THN 2000..kemaren 14 Januari ..baot krok as patah didalam...bgmn cara buka baotnya bos...mobil sempat sampai kermh
BalasHapusKarangayu nya sebelah mana om, kebetulan baru beli kida diesel juga mau ganti timing belt, soalnya ga ada riwayat penggantian sebelumnya
BalasHapus