Langsung ke konten utama

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes.
Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.

 Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar

Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes dari seal oli crankshaft depan dan seal balancer kiri.

 Gambar TimingBelt Kuda diesel original

Mumpung Timing Belt cover lagi dibuka, sekalian aja ganti Timing Belt & Balancer Belt-nya, coz dari beli second kemarin nih boil kuda diesel belum sempat ganti Timing Belt set, daripada resiko putus coz gak ada histori kapan terakhir kali nih Timingbelt diganti.
Kalo diliat sih timing Belt yang terpasang adalah original, merk UNITTA dan ada logo dan tulisan Mitsubishi di Beltnya. Secara fisik juga keliatan masih bagus belum ada cacat tapi basah coz kena rembesan oli mesin jadi bahaya mending diganti sekalian sama seal-seal lengkap.

  Gambar Seal crankshaft dan seal balancer

Akhirnya Ane beliin deh semua parts original Mitsubishi di toko spare parts Mitshubishi di kawasan MT Haryono Mataram, sempat ane bandingin harga di 3 Berlian Motor sama Damai Motor buat nyari harga terbaik (*ekonomis) coz kedua toko juga berdeketan... hehehe...jadi gak capek jalan.

Berikut perinciannya daftar belanjaan Ane :
Timing Belt  panjang              : Rp 800.000  (MD 300470)
Timing Belt  pendek                : Rp 350.000  (MD 310484) 
Tensioner  besar                      : Rp 250.000 
Tensioner  kecil                       : Rp 200.000 
Camshaft Oil Seal FR             : Rp  90.000 
Crankshaft Oil Seal FR           : Rp  90.000 
Balancer Oil Seal - RH           : Rp  55.000 
Balancer Oil Seal - LH           : Rp  55.000 
----------------------------------------------------- +
Total sparepart                        : Rp 1.890.000 
Plus Jasa Bongkar-Pasang      : Rp    250.000
                                       
Sebenernya sih yang rembes cuman seal crankshaft depan sama seal balancer kiri, cuman mumpung lagi dibongkar yah mendingan diganti sekalian aja biar sekalian fit? dan nyaman dipakai beberapa tahun kedepan.
Alhamdulillah pukul 3:00 sore boil kuda diesel ane sudah ready...Hmmm hampir seharian penuh ane nunggu dibengkel buat service dan jalan ke toko buat beli sparepart tadi. Capek tapi lega begitu kelar, sekarang boil ane sudah sehat dan siap diajak luar kota lagi.


TIPS:
Ada tips dari temen-temen di Komunitas Kuda Kaskus (agan rantanplanz kalo gak salah...), waktu beli part timingbelt set di toko bilang aja buat L300new 2500cc jadi bisa dapet sparepart ori dengan harga lebih murah, coz mesin L300 diesel sama dengan mesin Kuda diesel yakni mesin legendaris 4D56.
Pertimbangannya lagi dengan populasi L300 yang lebih banyak so tahun produksi TimingBelt jadi dapat lebih baru.



Komentar

  1. Nice share Mas... numpang tanya, koq mahal sekali ya ganti timingbelt set kuda? apa tdk bs pke yang part kw tp berkualitas? kalo ada boleh dishare. trma kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi gini... Kuda diesel gunain 2 timingbelt (panjang & pendek) yg harus ganti dua-dua nya tiap 60.000 km. TB panjang berfungsi mengatur putaran camshaft dan injection pump (bosch pump) secara sinkron dengan putaran crankshaft. TB pendek berfungsi sebagai balancer yg membuat getaran mesin lebih halus.
      Gunakan TB yg ori, jangan sekali-kali menggunakan non ori karena TB terpasang di dalam mesin dan jika putus maka seker akan menghantam Klep, karena putaran tidak sinkron.
      Kalo mau ngirit, TB bisa gunakan part number MZ lebih murah dari MD:
      TB panjang (MZ690610)
      TB pendek (MZ690609)
      Sedang tensioner bisa gunakan merk NTN:
      Tensioner besar (JPU 60-129+JF337)
      Tensioner kecil (JPU 58-010A-1)
      Demikian, semoga membantu. tks

      Hapus
  2. Boss ku Mitshubishi kuda diesel enak ga buat nanjak2..
    Terus untuk menguras tangki solar butuh berapa km?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak bangett buat nanjak coz torsi mesin diesel gede.
      kuras tangki bisa setahun sekali atau 20.000 km

      Hapus
  3. kalo ada rembes di sebelah kiri power stering dan karet spiralna sobek.. sedang yang kanan tidak rembes tapi karet spiralnya robek..dan dilihat di box oli power stering tidak berkurang,, gimana solusinya..aman ga kalo kendaraan tsb dipake keluar kota..trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya ya dibawa ke bengkel gan... buat ganti seal power steering.
      sementara sebelum ke bengkel kl pergi2 jauh jgn lupa bawa minyak PS buat jaga2

      Hapus
  4. mitsubishi kuda diamond tahun 2002

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. enakan yg diesel kl kuda, tenaga mantul...BBM irit

      Hapus
  6. Mau tanya as kruk bisa patah kenapa ya ..estimasi biaya ganti as kruk kuda bensin 1.6

    BalasHapus
    Balasan
    1. kruk as bisa patah karena beberapa hal:
      1. Sistem pelumasan di metal duduk dan metal jalan yg bermasalah,
      2. atau bisa juga karena karena pernah dibubut yg tidak sesuai rekomendasi pabrik.
      Harga kruk as bs ditanyakan ditoko2 sparepart gan.

      Hapus
    2. mantabb gan @masdur penjelasanya

      Hapus

  7. Rekomendasi Bengkel Mitsubishi Diesel Diamond 2003 di daerah Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur dimana ya...

    BalasHapus
  8. Info bengkel recommended di jkt timur dari komunitas kuda ini gan:
    1. Berlian Maju Motor, alamat: Jl. Raden Inten II No. 188A, Duren Sawit, Jaktim
    2. Berlian Motor, alamt: Jl. Masjid Al-Wustho No.7 Pondok Bambu, Jakarta Timur.
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  9. Kalo untuk bengkel komunitas kuda di bandung di mna ya gan?

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Sy pengguna Mitsubishi diesel GLs THN 2000..kemaren 14 Januari ..baot krok as patah didalam...bgmn cara buka baotnya bos...mobil sempat sampai kermh

    BalasHapus
  12. Karangayu nya sebelah mana om, kebetulan baru beli kida diesel juga mau ganti timing belt, soalnya ga ada riwayat penggantian sebelumnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...