Lanjutan cerita beberapa hari sebelumnya... dimana si KD mogok dijalur pantura dan setelah di derek ke bengkel didapati bahwa Timingbelt putus dan perlu TOP Overhaul. Penyebab timingbelt putus sendiri menurut mekanik bengkel karena adanya rembes (kebocoran) solar dari bospom ke ruang timingbelt sehingga membuat timingbelt yang bahanya dari karet tsb jadi getas dan mudah putus. Secara penggantian rutin timingbelt asli Mitsubishi bisa sampai 100 Km lebih dan KD ane baru 70.000 Km harusnya masih aman kalo nggak ada force majeure.
Singkat cerita, setelah dibongkar didapati beberapa onderdil rusak dan juga perlu ganti repair kit bospom si KD yang bocor. Untuk sparepart rusak ane belanja di bilangan Mataram Semarang sebagai sentra onderdil di wilayah semarang.
Sedangkan bospom dan nozzle atas rekomendasi teman-teman KMK (Komunitas Mitsubishi Kuda) ane bawa ke bengkel spesialis bospom di bilangan Kebonharjo Patebon. Ownernya adalah ex Mekanik senior bengkel bospom AUE Barito Jalan Halmahera.
Ane sengaja datang pagi jam 9-nan agar nggak antri... ternyata sampai dibengkel yaelahh sdh ada 3 antrian menunggu... sebuah Panther type touring, pickup L300 dan truk COLT Diesel Canter. Jadilah ane bersabar ngantri... disana ada 3 mekanik plus owner nya jadi 4 mekanik yang ngerjain. Pas giliran bospom ane rada cepet soalnya bospom ane langsung dikerjain sama ownernya (senior mekanik) dan kondisi sudah terbongkar gak perlu lepasin dari mobil. Bapaknya mekanik nanyain keluhan, ane bilang bospom bocor waktu bongkar ganti timingbelt... sekalian kalibrasi dan cek nozzle.
Tanpa banyak bicara... bospom ane langsung dicuci bagian luarnya terlebih dulu sebelum dibongkar dengan solar dan sikat kawat tembaga. Setelah bersih bospom dibongkar diatas meja dan part-part yang telah dibongkar dicek satu-satu sebelum ditaruh di wadah plastik (nampan). Seal-seal diganti baru...repair kit set khusus buat bospom mesin 4D56. Alhamdulillah part-partnya masih bagus... delivery valve, rotor head dll aman... hanya solenoid cut yang perlu diganti karena sudah lemah kata mekaniknya.
So dirakit kembali part-part bospom yang tadi dibongkar, setelah selesai dibawa ke ruangan dalam... disana ada mesin kalibrasi bospom segede almari. Bospom distel/ kalibrasi agar didapat volume masing-masing silinder yang sama banyak dan sesuai standart. Sementara 4 nozzle si KD distel/ kalibrasi sama seorang mekanik lainnya. Kurang lebih 2 jam-an proses dari ganti repair kit dan kalibrasi bospom berikut 4 nozzle akhirnya selesai juga... Alhamdulillah...
Berikut nota tagihan service bospom dan nozzle:
1. Kalibrasi dan ganti repair kit set bospom 400.000
2. Ganti solenoid cut 200.000
3. Kalibrasi nozzle 4 pcs 200.000
Total ane bayar 800.000 buat service bospom dan nozzle KD ane.... Kelar sudah Bospom dan nozzle ane bawa kembali ke bengkel temen ane...
Lanjut ane belanja sparepart di sentra onderdil dibilangan daerah Mataram semarang... to be continue part.3
Komentar
Posting Komentar