Langsung ke konten utama

[Share] Bospom Rembes... Biang Kerok Timingbelt Putus... (part.2)

Lanjutan cerita beberapa hari sebelumnya... dimana si KD mogok dijalur pantura dan setelah di derek ke bengkel didapati bahwa Timingbelt putus dan perlu TOP Overhaul. Penyebab timingbelt putus sendiri menurut mekanik bengkel karena adanya rembes (kebocoran) solar dari bospom ke ruang timingbelt sehingga membuat timingbelt yang bahanya dari karet tsb jadi getas dan mudah putus.  Secara penggantian rutin timingbelt asli Mitsubishi bisa sampai 100 Km lebih dan KD ane baru 70.000 Km harusnya masih aman kalo nggak ada force majeure.

Gambar: Bospom Kuda Diesel

Singkat cerita, setelah dibongkar didapati beberapa onderdil rusak dan juga perlu ganti repair kit bospom si KD yang bocor. Untuk sparepart rusak ane belanja di bilangan Mataram Semarang sebagai sentra onderdil di wilayah semarang.

Sedangkan bospom dan nozzle atas rekomendasi teman-teman KMK (Komunitas Mitsubishi Kuda) ane bawa ke bengkel spesialis bospom di bilangan Kebonharjo Patebon. Ownernya adalah ex Mekanik senior bengkel bospom AUE Barito Jalan Halmahera. 

Gambar: Kalibrasi Nozzle

Ane sengaja datang pagi jam 9-nan agar nggak antri... ternyata sampai dibengkel yaelahh sdh ada 3 antrian menunggu... sebuah Panther type touring, pickup L300 dan truk COLT Diesel Canter. Jadilah ane bersabar ngantri... disana ada 3 mekanik plus owner nya jadi 4 mekanik yang ngerjain. Pas giliran bospom ane rada cepet soalnya bospom ane langsung dikerjain sama ownernya (senior mekanik) dan kondisi sudah terbongkar gak perlu lepasin dari mobil. Bapaknya mekanik nanyain keluhan, ane bilang bospom bocor waktu bongkar ganti timingbelt... sekalian kalibrasi dan cek nozzle.

Tanpa banyak bicara... bospom ane langsung dicuci bagian luarnya terlebih dulu sebelum dibongkar dengan solar dan sikat kawat tembaga. Setelah bersih bospom dibongkar diatas meja dan part-part yang telah dibongkar dicek satu-satu sebelum ditaruh di wadah plastik (nampan). Seal-seal diganti baru...repair kit set khusus buat bospom mesin 4D56. Alhamdulillah part-partnya masih bagus... delivery valve, rotor head dll aman...  hanya solenoid cut yang perlu diganti karena sudah lemah kata mekaniknya.

Gambar: Solenoid Bospom

So dirakit kembali part-part bospom yang tadi dibongkar, setelah selesai dibawa ke ruangan dalam... disana ada mesin kalibrasi bospom segede almari. Bospom distel/ kalibrasi agar didapat volume masing-masing silinder yang sama banyak dan sesuai standart. Sementara 4 nozzle si KD distel/ kalibrasi sama seorang mekanik lainnya. Kurang lebih 2 jam-an proses dari ganti repair kit dan kalibrasi bospom berikut 4 nozzle akhirnya selesai juga... Alhamdulillah...

Gambar: Kalibrasi Bospom

Berikut nota tagihan service bospom dan nozzle:

  1. Kalibrasi dan ganti repair kit set bospom  400.000

  2. Ganti solenoid cut 200.000

  3. Kalibrasi nozzle 4 pcs 200.000

Total ane bayar 800.000 buat service bospom dan nozzle KD ane.... Kelar sudah Bospom dan nozzle ane bawa kembali ke bengkel temen ane... 

Lanjut ane belanja sparepart di sentra onderdil dibilangan daerah Mataram semarang... to be continue part.3





Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...