Langsung ke konten utama

[Share] Mesin Ambrol... Gegara Timingbelt Putus... (part.1)

Ceritanya minggu kemarin ane sama istri mudik ke kampung halaman ane, seperti biasa naek si KD kesayangan. Ane gak da firasat apapun toh selama piara si KD ini hampir 6 tahun gak pernah rewel, riwayat mogok apalagi...no no no... 

Seminggu sebelumnya ane juga udah maintenance ringan... perawatan berkala ganti oli mesin dan filter oli, sama ganti filter solar dan filter udara. Pagi hari ane panasin si KD, sementara bini ane nyiapin perlengkapan dan segala keperluan mudik... sampai agak siangan ane dan bini berangkat mudik bersama si KD seperti biasa....Lancar jaya... hingga tiba-tiba waktu sampai di jalur pantura daerah lingkar kaliwungu kendal tiba-tiba ada suara jedok dari depan (mesin) dan seketika mobil berenti karena mesin mati mendadak.... Alamakkk....

Gambar: Head Cylinder mesin 4D56

Pusing ane si KD yang gak pernah rewel sebelumnya tiba-tiba ngambek... mogok dijalan pantura. Alhamdulillahnya waktu itu lgi habis di bangjo jadi gak kaget, paling cuman diklaksonin kendaraan yang dibelakangnya... Coba kalo pas lgi ngebut gtu...bisa berabe.

Ane buka kap mesin... trus coba start beberapa kali tapi gak da respon dari mobil, padahal indikator air sendimentor maupun temperatur aman. So.. ane minta bantuan beberapa orang dipinggir jalan untuk ndorong mobil ke tepi jalan... sambil nelpon teman bengkel. Info dari temen ane, kalo tiba-tiba mogok dijalan si KD ada 2 kemungkinan:

 1. solenoid cut di bospom mati, atau

 2. timingbelt putus

Gambar: Timingbelt si KD Putus

Dengan arahan temen bengkel ane cek point 1 dulu, ane cek sekring mesin aman dan strum (arus) sampai ke solenoid cut di bospom... Kontak dari OFF-ON-OFF-ON bunyi cetek cetek.

Trus temen ane bilang tadi waktu mesin tiba-tiba mati ada bunyi jedok gak? kayak benturan gtu dari arah mesin? Ada jawab ane... wahh... positif timingbelt nih bro kata temen ane. Dengan kembali arahan temen ane periksa point 2... ane buka baut-baut cover timing belt dan ane bisa intip dalemnya... ane dapati timingbelt bener putus... hadeww... gaswattt bro...

Temen ane bilang kalo timingbelt putus di mesin 4D56 bakalan terjadi benturan piston (seker) dengan valve (klep) makanya perlu TOP overhaul alias bongkar silinder head. Ane pun minta bantuan temen untuk derek mobil ane, sekitar 2 jam baru sampai dilokasi...didereklah mobil ane ke bengkel temen ane... sementara ane dan bini pulang ke rumah naek grab car karena hari sudah senja.

Gambar: Baut head cyl macet

Besoknya paginya ane mampir ke bengkel temen ane, disana si KD proses di TOP Overhaul alias bongkar silinder head. Ada sedikit kendala dimana 3 baut silinder head macet, tapi dengan teknik las akhirnya baut tersebut bisa dilepas. Lalu setelah head silinder diturunkan dan samua bagian dibersihkan dan dicek...didapati beberapa onderdil rusak:

 1. Timingbelt panjang  >> putus

 2. Timingbelt pendek >> putus

 3. Gigi cranshaft >> rompal dikit

 4. Rocker arm IN >> patah 1 pcs

 5. Rocker arm EX >> patah 1 pcs

 6. Klep IN >> ujung cacat 1 pcs

 7. Klep EX >> ujung cacat 3 pcs

 8. Cap noken as >> patah no.3

Gambar: ujung Klep Aus (kemakan)

Kata temen ane, msh Alhamdulilah...piston (seker) aman, head silinder juga aman.... coba kalo pas posisi putus timingbelt si KD lagi ngebuutt... bisa-bisa piston bolong atau klep bengkok trus rusak dudukan di head silinder bisa berabe... Ambrol celengan bro karena harus turun mesin (Overhaul atau semi overhaul).

Kerusakan KD ane termasuk kategori sedang... karena dari cerita temen ane ada yang L300 (mesin sama 4D56) putus timingbelt cuman ganti timingbelt doank... gak da namanya ganti klep, rocker arm dll... koq bisa? Jadi kalo putus timing belt pas lagi ngebut kecepatan tinggi rpm tinggi bakalan rusak jeroan mesin, tapi kalo pas stasioner idle, kecepatan rendah biasanya aman....

Gambar: Gear Crankshaft

Tapi kok KD ane beberapa part ikut rusak? tanya ane... Soalnya sempat distart start beberapa kali kan? jawab temen ane... Aslinya kl pas mogok (bunyi jeduk) langsung didiemin gak di coba start-start bakalan aman tuh si KD...owalah nambah pengalaman bro... 

Oiya waktu ane tanyain temen ane... kok bisa timingbelt putus padahal dari penggantian sebelumnya baru 70.000 Km, secara timingbelt asli Mitsubishi bisa sampai 100.000 Km lebih ?

Katanya memang TB asli bisa 100.000 Km lebih, tapi baiknya diganti tiap 80.000 Km agar aman coz sering kena macet dll... Dari pemeriksaan juga didapati bahwa bospom bocor sehingga solar rembes ke timingbelt dan akhirnya bikin karet timingbelt jadi getas...

Gambar: Cap Noken As pecah

Waahhh... ketemu nih penyebab timingbelt putus... jd ane sekalian ntar kalibrasi dan ganti repair kit bospom di bengkel spesialis bospom. Sebelum pamit dari bengkel, ane bawa part-part rusak buat contoh ane belanja di bilangan daerah Mataram semarang...sekalian ane bawa bospom dan nozzle untuk perbaikan di bengkel spesialis bospom.

Untuk detail harga part dan kelanjutan perbaikan si KD... to be continue... part.2 dan part.3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...