Langsung ke konten utama

Akhirnya ku menemukanmu... Berburu Kuda Diesel part.3

Pas liburan weekend minggu kemarin kebetulan ane nongkrong bareng temen-temen di Pondok Kopi Umbul Sidomukti, wuihh asyik cuy... ngopi diatas ketinggian 500 mdpl dengan view yang cukup menawan. Eh bukan tempat nongki atau kopinya yang mo ane bahas disini tapi about perbincangan ane dengan salah satu temen ane yang sudah cukup lama miara kuda diesel. Dia cerita tuh mesin diesel 4D56 kalo gak dibanting dari atas tower kayaknya gak bakalan rusak...aah hiperbola nih orang. Mesin diesel 4D56 ini memang bandel dan minim perawatan, cerita temenku melanjutkan....cuman rutin ganti oli sama filter oli doank, plus filter solar dan filter udara dijamin dah bakal awet dan siap diajak lari tuh kuda besi.
Btw ane kok susah ya cari kuda diesel yang kondisinya masih fit? sudah berburu kesono kemari gak hanya di kota lunpia tp juga sampai solo dan salatiga tapi masih nihil. Hampir semuannya dalam kondisi mesin yang gak layak. Bener-bener dahh...
Lalu temen ane kasih tips buat nyari kuda diesel yang bagus, "Lo kalo mo nyari kuda diesel yang masih bagus cari diiklan yang harganya mahal jangan yang murah, mana ada boil yang rajin service perawatan apalagi di bengkel resmi yang mo dijual murah?" Logis juga, ane iseng nyempetin browsing ke OLX, langsung ane sortir TERMAHAL dalam kategori mobil second kuda diesel. Ane temuin 2 target yang dijual diatas rata-rata masing-masing Kuda diesel GLS tahun 2001 di durian raya sama Kuda Diesel GLS tahun 2000 di Kalicari. Ane save contact yang ada buat bahan berburu boil besok atau lusa.

Karena kelupaan baru seminggu berikutnya ane inget kalo ane sudah simpen contact buat berburu boil idaman. Setelah janjian sebelumnya ane cekidot kelokasi didaerah durian raya... wuihh begitu liat kuda diesel GLS yang tampilanya kempling punya, cat mulus, ban tebal, tampak luar sangat bagus.
Masuk ke dalem kabin, interior memang gak semewah type super exceed tapi cukup bersih dan masih original semua, sampai disini penilaian ane buat exterior dan interior cukup positif dan alayak beli.
Tapi eitsss... item paling penting belum ane liat nih, ane buka kap mesin, mesin cukup bersih dan kering. Keliatan banget kalo rajin service terliat minyak rem, minyak kopling dan power steer bersih tanda rajin dikuras/ diganti. Ane buka tutup radiator dan reservoir juga pake radiator coolant warna hijau...good.
Ane hidupin tuh mesin, lalu ane coba test drive...kaki-kaki cukup nyaman ngelibas jalan gelombang, rem masih pakem dan mesin enak diajak lari.
Sampai disini positif banget penilaian ane, setelah mter-muter akhirnya boil kuda balik kekandang, ane tanya ke si bapak empunya tuh kuda perihal surat-surat, "lengkap semua mas: STNK, BPKB, Faktur ada" kata bapaknya. Yakin banget nih ane, bapaknya masuk ke dalam buat ambil surat-surat boil, ane buka tutup oli... ups keliatan keluara asap putih tipis, sedikit sih tapi ada.
Harapan akan dapat boil baguspun buyar...Artinya tuh boil memang overall masih bagus tapi sudah mulai keliatan tanda-tanda mau ngobos, mungkin beberapa bulan kedepan atau bisa setaunan lebih...yang jelas ane jadiin opsi kedua aja, karena buat ane no kompromi untuk urusan mesin.
Ane pun sengaja nawar rada afgan ke bapaknya, dan sesuai prediksi gak cocok tuh sama tawaran ane. Ane pun pamitan sama bapaknya sambil bilang mau compare dulu dengan boil sebelah buat pertimbangan, bapaknya mengiyakan, dan anepun langsung capcus ke next destination.
Point tuh boil:
 - Body cat exterior mulus, chasis utuh
 - interior original, bersih terawat
 - ban tebel, pelek ori
 - kaki-kaki nyaman
 - kering gak da bocor mesin maupun power steer
 - mesin ? (*ada gejala mau ngobos)

Gambar Kuda diesel GLS '2000

Dalam perjalanan ke arah kalicari ane berpikir kok kebanyakan mesin kuda diesel ngobos yak, susah bener nyari yang 100% fit. Kalo sampe yang bakalan ane datengin ngobos juga ane mo nebus boil bapaknya tadi yang di durian raya.
Singkat cerita ane sudah sampe dilokasi, boil kudanya ada cuman ownernya (*si bapak) lagi gak dirumah, kunci kontak dibawa dan jadilah ane hanya liat tuh boil minus mesin nyala ditemani ibu-ibu tua sekitar 60 tahun. Ane liat exterior bagus, cat masih mulus tapi ban depan sudah tipis.
Interior masih orisinil dan bersih. Ane liat kekolong mesin kering gak da rembesan, begitu juga dengan power steer. Semantara chasis terliat utuh dan gak ada yang keropos.
Positiflah sementara penilaian ane. Tapi kudu sabar dulu coz belum tau kondisi mesin, ane sempetin janjian dulu ma bapaknya by phone sebelum cabut dari lokasi.
Besoknya sesuai janji ane datang pagi-pagi ketemu si bapak empunya tuh boil dan langsung cek kondisi mesin, start sekali langsung hidup, suara mesin normal dan saat pedal gas diinjak gak da suara aneh. Asap yang keluar juga normal... bagus nih boil.
Ane lalu coba jalan muter-muter area situ trus balik lagi dan ane buka tutup oli dalam kondisi mesin masih hidup dan.... gak ada angin bertekanan dan asap putih yang keluar, betul-betul bersih. Nahh ini nih yang ane cari...Akhirnya...kumenemukanmu...

"akhirnya ku menemukanmu
saat hati ini mulai meragu
akhirnya ku menemukanmu
saat raga ini ingin berlabuh"

Sepenggal bait lagu dari naff cukup menggambarkan perburuan kuda diesel selama berbulan-bulan berakhir sudah. Singkat cerita ane tebus tuh boil meski diatas harga rata-rata pasaran coz bapaknya hanya mau nego solar full doank...hadew.
Point tuh boil:
 - Body cat exterior mulus, chasis utuh
 - interior original, bersih terawat
 - ban tipis, pelek modif R15 ex grandia
 - kaki-kaki nyaman
 - kering gak da bocor mesin maupun power steer
 - mesin Ok gak ngobos

Bener dah nyari boil second yang bagus itu susah-susah gampang kayak nyari calon bini... wkwkwkwk
Perburuan boil tamat.

Komentar

  1. Makasih udah berbagi cerita. Btw, pengen tau mas, pertimbangan nyari Kuda diesel apa ya? Knp gak pilih panther atau kijang diesel. Oya, satu lagi ,kenapa gak pilih kuda bensin. Hehe... Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Mas semoga bermanfaat buat yang lagi ngidam kuda diesel hehehe... pertimbangan milih kuda diesel dari penther/kijang sih:
      - taon sama dapet harga lebih murah dari kijang/ panther.
      - suara dlm kabin lebih senyap, kl panther suara mesin berisik bgt.
      - body tebal dan interior bagusan kuda (selera-red)
      - kaki-kaki kuat kuda
      - taon sama paling kenceng larinya kuda diesel.
      - mesin diesel kuda = mesin L300 yang terbukti handal dan kuat.
      and then kenapa pilih kuda diesel gak bensin karena diesel irit, bensin boros... apalagi harga solar hanya 5.150 euy....

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...