Langsung ke konten utama

Plesir dari Solo sampe Jogja... Berburu Kuda Diesel part.2

Hampir sebulan vakum berburu boil, akhirnya ane kembali semangat untuk berburu kembali kuda diesel yang sudah ane idamkan. Dalam masa vakum, ane jadi banyak belajar dari Om Google all about kuda diesel, dari mulai sejarah perkembangan Mitsubishi kuda di Indonesia, type-type Kuda berikut fitur-fitur nya sampai harga pasaran kuda untuk saat ini. Ane juga rajin browsing ke forum-forum otomotig yang ngebahas tentang kuda, terutama di Seraya motor dan Kaskus. Makin ane baca makin semangat ane dalam berburu tuh boil.
Kali ini ane coba berburu boil ke kota Solo "the spirit of java", Ada 2 boil yang jadi target, kuda diesel super exceed tahun 2000 dan satunya kuda diamond tahun 2002. Oiya satu lagi target dikota gudeg Yogyakarta, boil kuda diesel grandia tahun 2002.
Ane sengaja ajak temen buat berburu kuda coz harus luar kota dan juga sekalian refreshing weekend. 
Setelah janjian sehari sebelumnya pagi-pagi ane berangkat dan sampai di kertosuro sekitar jam 10-an. Meski lewat jalan kecil dan berbelok-belok sampai juga akhirnya ane dilokasi berkat google maps dan share location dari si empunya boil.

Gambar mesin kuda diesel 4D56

Berbekal pengalaman yang sudah-sudah, ane akan cek dulu mesin sebelum cek lainnya so... begitu dipersilakan nyoba oleh empunya boil ane langsung cek dulu kondisi mesin. Boil ini masih plat B belum mutasi, si empunya bilang kalo mau mutasi bisa bantu gampang tinggal nambahin 7 jt-an dari harga mobil.
Sempat 3 kali start baru mesin nyala, bapaknya bilang kalo sudah semingguan gak dipanasin tuh mesin... wew. Ane lihat ada baret-baret di body tuh boil, interior original. Ane liat si empunya boil lg asyik ngobrolin seputar tuh boil sama temen ane, so ane tekan-tekan pedal gas dan ane liat sedikit asap putih keluar.
Ane longok ke kolong mobil chasis masih bagus gak keropos, tapi ane liat ada rembesan oli dari mesin bagian belakang. Belum sempet ane sampein eh si empunya sudah buru-buru deketin ane sambil bilang ke ane "tuh rembesan bekas kemarin buka filter solar waktu service trus tumpah belum dibersihin, bukan rembesan oli".
Sempet geli juga karena rembesan oli dan bekas solar kan beda, buat make sure ane minta temen ane liat kekolong dan colek dikit rembesan, trus ane tanya tuh rembesan oli apa bekas solar bro? "kayak gini mah oli" kata temen ane seketika.
Lanjut ane buka tutup oli dan seperti suara angin bertekanan keluar wus...wush...beserta sedikit asap warna putih khas mesin diesel sudah ngobos. Yahh... gagal lagi nih dapet bil bagus.
Meski sempat ditawarin buat test drive tapi ane tolak dengan halus coz mesin payah gitu ngapain pikirku. Si empunya berdalih kalo asap putih mahh biasa dimesin diesel apalagi pake oli sintetic, "ini gak ngobos mas buktinya saya bawa dari jakarta-bogor-solo lancar jaya" kata bapaknya menambahkan.  Ya jelaslah namanya juga pedagang pasti manis, dari situ ane jadi tahu kalo bapaknya berprofesi sebagai driver travel solo-jakarta. Nha jual beli mobkas adalah sampingannya, beli dijakarta murah trus jual dijawa....istimewa nih bapak. Setelah cukup lama ngobrol kesana kemari akhirnya ane dan temen ane pamitan buat next boil.
Point nih boil:
 - mesin nok (ngobos, rembes)
 - kaki-kaki belum dicoba test drive
 - cat body ada baret-baret
 - plat B
 - chasis gak keropos (ok)
 - ban tebal

Habis ishoma ane menuju ke pusat kota solo buat cekidot boil berikutnya. Jam 2-an ane sampai dilokasi dan langsung cek tuh boil kuda diamond tahun 2002 berplat B.
Si empunya boil langsung idupin mesin dan bilang "ini kondisi apa adanya mas, cengli lah nanti harganya buat benerin kekurangannya". Wah nih boil pasti gak bener pikirku. Ane lihat dihalam rumah bapaknya cukup luas dan banyak mobil parkir distu... hmmm ini pasti pedagang mobkas pikirku dalam hati.
Interior bersih tapi sudah banyak gak original, plafon sudah diganti, doortrim gak ori dan jok sudah dibungkus (*kali pada sobek). Ane tekan pedal gas suaramesin agak kasar, ane tekan lagi lebih dalam dan suara mesin makin kasar. Ane minta temen ane buat tekan pedal gas dan wow gak bener nih boil mesinya kemlotak kalo bahasa jawa.
Ane buka tutup oli keluar asap putih alias ngobos, trus ane liat ke kolong terlihat kering gak ada bekas rembesan oli, cuman bagian kolong banyak yang berkarat.
Wahh... parah nih boil, langsung aja ane buru-buru pamitan dan siap-siap berburu kuda diesel ke kota gudeg.
Point nih boil:
 - mesin nok (ngobos, suara kasar)
 - kaki-kaki belum dicoba test drive
 - cat body ok
 - plat B
 - chasis ada keropos 
 - ban tipis

Kebetulan adzan ashar terdengar berkumandang ane mampir ke Masjid terdekat buat sholat dan habis sholat ane coba contact ke si empunya mobil di jogja... yaelahh tuh mobil sudah laku. Duhhh.
Ya udah tetap ke jogja buat piknik and refreshing aja, tapi gak keburu dan masih sempat mampir ke warung "Tongseng Pak Manto" didaerah solo yang sudah kondang enaknya.... maknyuss cuy.
Setelah piknik di Jogja dihari minggunya ane pulang, diperjalanan ane iseng browsing OLX dan wow ada nih boil kuda diesel super exceed tahun 2000 di Salatiga.
Buruan ane info ke temen ane yang kebetulan pegang setir, "cuy mampir ke salatiga ada target lagi nih" kata ane. Mumpung pulang lewat sekalian mampir salatiga buat berburu boil heheheh...
Sempat contact penjual dan janjian habis isya' coz tuh boil lagi dipakai si empunya dan masih perjalanan pulang. Ya udah perjalanan Jogja-Salatiga dibikin santai, sempat ishoma di masjid waktu maghrib-isya didaerah ambarawa.
Lanjut perjalanan habis isyak menuju lokasi yang sangat-sangat maaf "terpencil", lewat kebun-kebun lebat pepohonan mirip hutan dan jalan berkelok-kelok naik turun. Sampai dilokasi ane sempet liat jam ditangan ane menunjuk pukul 20:15.
Begitu dipersilakan cek boil, ane liat interior bersih dan original, cat body (exterior) juga masih bagus. Buat liat kolong karena gelap ane minta lampu senter, ane liat kolong banyak bekas las-lasan dan wew... banyak sekali rembesan oli, dari mesin bagian depan, bagian belakang samapai versneling, capek dehhh....
Beberapa saat setelah mesin dihidupin ane buka tutup oli ane lihat asap putih keluar tanda mesin ngobos. Hmm... gak layak dibeli nih boil.
Point nih boil:
 - mesin nok (ngobos, rembes)
 - kaki-kaki belum dicoba test drive
 - cat body ok
 - interior bersih, original
 - chasis ada keropos 
 - ban tebal

Ane pun ngobrol sama si empunya boil kalo ane tuh lagi nyari boil second yang mesinya bagus coz mau dipakai sendiri, dan sepertinya si empunya paham. Ane dan temen ane dibuatin kopi dan dikasih pisang goreng, wah lumayan nih... baek hati si empunya boil meski ane gak jadi beli tuh boil.
Pukul 21.30 ane pamitan pulang, sepanjang perjalanan ane berfikir dari kemarin-kemarin nyari boil second kuda diesel kok semuanya ngobos yak, dari yang terawat di beres apalagi yang gak terawat dan rembes. Hmmm...Apa iya mesin 4D56 yang legend itu gak setangguh yang selama ini terdengar?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...