Pas kemarin ane ke Jogja ane bawa boil Kuda Diesel ane... masuk tol eee... kok gak bisa lari mentok di 100 km/jam duhh...dipecundangin mobil sejuta umat (avanz*-xeni*). Padahal biasanya meski rondo alias boil jadul tapi enak ditunggangin di jalan tol, bisa lari ampe 150 km/jam, kebayangkan hmmm... gimana pas baru a.k.a reyen ya... mungkin bisa ampe 170 km/jam.
Sampai dirumah sehari kemudian ane coba temukan solusi buat bikin KD ane bisa diajak lari lagi. Berhubung tools udah lengkapp (Self Utility)... ane coba-coba Do It Yourself (DIY)...action ngebengkel dimulai....
Jadilah ane TUNE-UP sendiri tuh engine 4D56, ane cek filter solar, bongkar pake filter wrench... wuihh kotornya... langsung dah ane ganti baru biar supply solar ke injection pump lancar jaya.
Gambar: Filter Solar
Jadilah ane TUNE-UP sendiri tuh engine 4D56, ane cek filter solar, bongkar pake filter wrench... wuihh kotornya... langsung dah ane ganti baru biar supply solar ke injection pump lancar jaya.
Gambar: Filter Udara
Sekalian filter udara ane ganti biar mesin ane bisa bernafas lega, Beli sparepart di bilangan sentra onderdil mataram Semarang.
Berikut daftar belanjaan ane:Sekalian filter udara ane ganti biar mesin ane bisa bernafas lega, Beli sparepart di bilangan sentra onderdil mataram Semarang.
Filter Udara 100.000 (MR 497118)
Filter solar 85.000 (MB 220900)
----------------------------------------------- +
Total 185.000
Jasa 0 (kan dikerjain sendiri boss)
Gambar: Posisi Gauze filter
Wehh... kelar dah razia filter, upsss ternyata ada yang kelewatt...Mitsubishi Kuda ini dari info yang pernah ane denger ada filter solar rahasia, namanya Gauze Filter. Posisi filter ini berada di inlet masuk ke Bosc Pump (injection pump), dengan ukuran kecil berupa mirip kawat kasa halus...Oke dech... ane buka filter rahasia ini:
- Buka baut solar dengan kunci sock 17, gunakan sambungan dan handle rachet biar enak.
- Hati-hati lepas baut solar ini coz ada 3 ring tembaga diatas dan bawahnya, fungsi ring tembaga ini buat ngejaga agar solar gak bocor.
- Gunakan kawat dibengkokin dikit buat narik/ cungkil tuh gauze filter alias filter rahasia.
- Bersihkan filter ini, hati2 jangan sampe rusak.
- Pasang kembali filter gauze, saluran solar berikut baut solar ke tempat semula. Jangan lupa 3 ring tembaga ya...
Dan voilaa... kelar dah operasi filter solar rahasia yang gak semua orang tahu. Sekarang waktunya coba nih boil ke jalan tol...
dan Alhamdulillah tarikan jadi gak loyo, top speed juga naek biasa ngebut lagi ampe 140km/jam... Mantabbb.
Padahal belum stel klep ya? kayaknya belum perlu toh suara mesin di head cylinder masih normal gak kasar banget... jadi stel klepnya next time ajah.
Ternyata lebih enak mesin diesel yak, mudah TUNE UP nya...wkwkkw
Tipss:
Kalo mo ngirit bisa pakai filter buatan Sakura ato Aspira (kw-1) harganya kisaran 45K untuk filter solar & 75K untuk filter udara.
Tipss:
Kalo mo ngirit bisa pakai filter buatan Sakura ato Aspira (kw-1) harganya kisaran 45K untuk filter solar & 75K untuk filter udara.
Komentar
Posting Komentar