Beberapa hari ini ane rasaain setiap kali pulang pergi kerja selalu macet, maklum jumlah kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4 makin bertambah tidak sebanding dengan pelebaran jalan.
Hmmm.... 10-20 tahun mendatang kebayang bakal kayak apa nih. Dan kalo dijalanan macet jalan lagi pelan, macet lagi jalan lagi pelan, otomatis kita jadi sering maenin pedal kopling...pegel dah kaki kiri, pa lagi pedal kopling kuda ini terasa makin keras aja duhh..
So...Pantes aja makin lama makin laris nih motor dan mobil matic (bertransmisi otomatis) soalnya jalanan perkotaaa udah gak ideal lagi. Kalo bisa nebus boil matic sih enak, kagak pegel lagi kaki ane pas bermacet ria... Ane jadi harus memutar otak nih...gimana supaya kopling ane jadi enteng dan gak bikin pegel kaki kiri ane lagi pas macet dijalan.
Beberapa artikel diforum-forum otomotif yang ane baca kebanyakan nyararin supaya turun kopling buat ganti kamvas kopling (disc cluth) berikut mataharinya (cover cluth). Wahhh... butuh dana besar kalo itu, pa lagi kopling ane meski keras tapi masih oke kok, ane yakin kalo kamvas kopling dan mataharinya masih ciamik buktinya saat diajak jalan ditanjakan kagak selip tuh, jalan normal aja.
Ane juga udah coba tes ketebalan kamvas kopling boil ane diparkiran, dengan rem diinjak dan hendrem ditarik, trus masuk gigi 1 dan kopling dilepas cepat mesin langsung mati tuh? Artinyaa... kopling masih sehat.
Gambar: Minyak Rem/ Kopling
Gambar: Minyak Rem/ Kopling
Trus apa ya ? Hasil discuss dengan temen ane yang orang bengkel nyaranin buat kuras oli kopling. Minyak kopling ini kan jarang diganti, padahal idealnya perlu dikuras setaon sekali (20.000 Km) buat ngejaga kinerja sistem hidrolis master kopling atas maupun bawah, bikin seal-seal jadi awet dan gak gampang rembes/ bocor, So...kalo kinerja ok jadi enteng dah kerja kopling. Gitu ya... Langsung dah ane praktekin tuh, beli minyak rem merk prestone DOT 3 seharga 40K dan selang bening buat bantu buang angin. Loh kok beli minyak rem? Asal tau aja cuy minyak rem dan minyak kopling tuh sama wkwkwk... baru tau ya.
Gambar: Reservoir Kopling
Gambar: Reservoir Kopling
Berikut step-step ane kuras minyak kopling :
- Dongkrak bagian depan mobil, pasang jack stand bila ada (lebih safety)
- Buka kap mesin, buka tutup reservoir minyak kopling
- Pakai sleeper buat ngolong supaya gak kotor, ane pakai lembaran kardus gan...(kagak punya sleeper kayak mekanik-mekanik bengkel), ngenes mode on
- kendorin baut nepel master kopling bawah pake kunci ring 8
- Pasang slang bening yang ujungnya disambung ke wadah bekas air mineral ato botol bekas air aki (buat nampung minyak kopling kotor).
- Tekan-tekan pedal kopling dengan tangan, sampai minyak kopling keluar melalui nepel dan tertampung diwadah.
- Bersihkan reservoir (penampungan) minyak kopling dengan majun/ lap sampai bersih, bagian luar dan dalam
- Isikan minyak rem/ kopling baru ke dalam reservoir sampai penuh.
- Tekan-tekan pedal kopling sampai minyak kopling turun
- Terus dilakukan berulang-ulang sampai terlihat minyak yang keluar dari nepel ke wadah/ botol penampung terlihat bersih/ bening
- Jaga minyak rem direservoir, tambahkan bila sudah hampir habis
- Kencangkan nepel master kopling bawah dengan kunci ring 8
Mumpung lagi ngolong, sekalian buka penutup debu tuas/ fork kopling, cungkil pake obeng (-) lalu lumasi dudukan fork bagian dalam pakai oil gan. Jangan lupa pasang lagi penutup debu.
Kelaarr dah, sekarang sistem hidrolis kopling sudah clear. Dan pedal kopling jadi berasa lebih ringan saat diinjak so... siap hadapi kemacetan jalan nih.
TIPS:
Saran aja nih...sebaiknya dikerjakan 2 orang biar enak, satu ngolong satu lagi nekan pedal ama ngisi minyak kopling. Kalo dikerjain sendirian bisa sih, tapi agak repot cozharus ngolong, nekan pedal dan ngisi minyak... capek dehh.
Siip!!
BalasHapusoke brow... semoga article diblog ini bermanfaat.
HapusBahasanya keren nih, ngga monoton. Good!
BalasHapusOk bro... thanks
Hapusterima kasih tips nya Om
BalasHapussama2 pak dhe, semoga bermanfaat
Hapus