Langsung ke konten utama

[DIY] Kuras Minyak Kopling...Bikin Kopling Terasa Enteng

Beberapa hari ini ane rasaain setiap kali pulang pergi kerja selalu macet, maklum jumlah kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4 makin bertambah tidak sebanding dengan pelebaran jalan.
Hmmm.... 10-20 tahun mendatang kebayang bakal kayak apa nih. Dan kalo dijalanan macet jalan lagi pelan, macet lagi jalan lagi pelan, otomatis kita jadi sering maenin pedal kopling...pegel dah kaki kiri, pa lagi pedal kopling kuda ini terasa makin keras aja duhh..
So...Pantes aja makin lama makin laris nih motor dan mobil matic (bertransmisi otomatis) soalnya jalanan perkotaaa udah gak ideal lagi. Kalo bisa nebus boil matic sih enak, kagak pegel lagi kaki ane pas bermacet ria...  Ane jadi harus memutar otak nih...gimana supaya kopling ane jadi enteng dan gak bikin pegel kaki kiri ane lagi pas macet dijalan.
Beberapa artikel diforum-forum otomotif yang ane baca kebanyakan nyararin supaya turun kopling buat ganti kamvas kopling (disc cluth) berikut mataharinya (cover cluth). Wahhh... butuh dana besar kalo itu, pa lagi kopling ane meski keras tapi masih oke kok, ane yakin kalo kamvas kopling dan mataharinya masih ciamik buktinya saat diajak jalan ditanjakan kagak selip tuh, jalan normal aja.
Ane juga udah coba tes ketebalan kamvas kopling boil ane diparkiran, dengan rem diinjak dan hendrem ditarik, trus masuk gigi 1 dan kopling dilepas cepat mesin langsung mati tuh? Artinyaa... kopling masih sehat.
                                          Gambar: Minyak Rem/ Kopling 

Trus apa ya ? Hasil discuss dengan temen ane yang orang bengkel nyaranin buat kuras oli kopling. Minyak kopling ini kan jarang diganti, padahal idealnya perlu dikuras setaon sekali (20.000 Km) buat ngejaga kinerja sistem hidrolis master kopling atas maupun bawah, bikin seal-seal jadi awet dan gak gampang rembes/ bocor, So...kalo kinerja ok jadi enteng dah kerja kopling. Gitu ya... Langsung dah ane praktekin tuh, beli minyak rem merk prestone DOT 3 seharga 40K dan selang bening buat bantu buang angin. Loh kok beli minyak rem? Asal tau aja cuy minyak rem dan minyak kopling tuh sama wkwkwk... baru tau ya.

                                            Gambar: Reservoir Kopling

Berikut step-step ane kuras minyak kopling :
 - Dongkrak bagian depan mobil, pasang jack stand bila ada (lebih safety)
 - Buka kap mesin, buka tutup reservoir minyak kopling
 - Pakai sleeper buat ngolong supaya gak kotor, ane pakai lembaran kardus gan...(kagak punya sleeper kayak mekanik-mekanik bengkel), ngenes mode on
 - kendorin baut nepel master kopling bawah pake kunci ring 8
 - Pasang slang bening yang ujungnya disambung ke wadah bekas air mineral ato botol bekas air aki (buat nampung minyak kopling kotor).
 - Tekan-tekan pedal kopling dengan tangan, sampai minyak kopling keluar melalui nepel dan tertampung diwadah. 
 - Bersihkan reservoir (penampungan) minyak kopling dengan majun/ lap sampai bersih, bagian luar dan dalam
 - Isikan minyak rem/ kopling baru ke dalam reservoir sampai penuh.
 - Tekan-tekan pedal kopling sampai minyak kopling turun 
 - Terus dilakukan berulang-ulang sampai terlihat minyak yang keluar dari nepel ke wadah/ botol penampung terlihat bersih/ bening
 - Jaga minyak rem direservoir, tambahkan bila sudah hampir habis
 - Kencangkan nepel master kopling bawah dengan kunci ring 8
 - lepas slang bening dan wadah (botol)

                        Gambar: Nepel Master Kopling Bawah (1) Penutup Debu Fork (2)

Mumpung lagi ngolong, sekalian buka penutup debu tuas/ fork kopling, cungkil pake obeng (-) lalu lumasi dudukan fork bagian dalam pakai oil gan. Jangan lupa pasang lagi penutup debu.
Kelaarr dah, sekarang sistem hidrolis kopling sudah clear. Dan pedal kopling jadi berasa lebih ringan saat diinjak so... siap hadapi kemacetan jalan nih.

TIPS:
Saran aja nih...sebaiknya dikerjakan 2 orang biar enak, satu ngolong satu lagi nekan pedal ama ngisi minyak kopling. Kalo dikerjain sendirian bisa sih, tapi agak repot cozharus ngolong, nekan pedal dan ngisi minyak... capek dehh.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...