Langsung ke konten utama

[Tips] Self Utility....Lets do it

Tiba-tiba teringat akan nasehat Pak Siswanto guru andalan disekolah dulu, beliau alumni VDEC Malang sekolah rintisan dari Netherland alias veodal londo... upsss. Disini ane kagak mau bahas sejarah penjajahan belanda loh...Beliau ini disekolah ane dulu adalah guru andalan karena beliau bisa memadukan antara teori dan praktek jadi beliau ini gak hanya sekedar bisa teori kagak bisa praktek (kebanyakan guru ato dosen kan seperti ini... hehehe maaf) tapi beliau selain sebagai akademisi juga jago sebagai praktisi, So temen-temen biasa nyebut beliau Si "Ing" akronim dari Ingenieur gelar teknik dari luar negeri sono.
Suatu ketika saat ngajar beliau ngasih petuah buat yang mo jadi praktisi (teknisi/engineer) supaya "nyicil" peralatan sedikit demi sedikit biar saat lulus minimal sudah punya cukup peralatan buat terjun dibidang teknik yang ditekuni, yang beliau kasih istilah "self utility" woww.
Dulu ane hanya dengerin aja soalnya gimana mau nyicil, uang saku mefett cuman cukup buat jajan sama ongkos PP naik angkot...wkwkwkw.
Tapi arahan itu mulai saya terapkan sekarang....makasih banyak Pak Sis atas nasehat dan ilmunya...dengan self utility sekarang ane bisa nerapin " do it yours self (DIY) dalam perbaiki motor and mobil. Berikut peralatan yang sudah ane miliki buat action DIY...

Obeng 
Sepasang obeng (+) dan (-) merk Vessel ukuran sedang berguna untuk buka sekrup dashboard, stel klep, ngencengin klem selang radiator dsb. Penting banget guyss...obeng ini buat nyalurin hobi ngebengkel ane.

Kunci Shock 
Satu set kunci shock merk Tekiro ane beli seharga 750K lengkap dengan handle dan sambungan shock. Praktis dan ringkas karena dilengkapi dengan wadah sehingga gak mudah kececer. Kunci shock ini sangat berguna untuk bongkar pasang roda, ganti shock breaker, buka cover klep dsb. 

Kunci Ringpas 
Kunci set ringpas  merk Tekiro ane beli untuk ngebantu ane terutama buat understel dan juga stel strut bar saat kemudi lari/ narik kanan ato kiri.
Kunci Ring 
Kunci ring set merk Tekirojuga melengkapi kunci kombinasi ringpas terutama buat understel, stel klep dan berbagai keperluan ngebengkel lainnya
Kunci Filter
Kunci filter berguna untuk ganti filter, baik filter solar maupun filter oli... so penting banget buat beli alat ini. Ane nebus alat ini seharga 250K dengan merk Grip On.

Note: 
Untuk merk terbaik sebaiknya gunakan merk KTC (berstandar JIS=Japan Industrial Standart) sesuai yang digunain di bengkel-bengkel resmi Astra International. Untuk yg berkantong pas2an kayak ane bisa gunain merk Tekiro yang lebih murah dengan kualitas lumayan kate orang2 bengkel... maaf ane gak bermaksud promosi, hanya nyampein rekomendasi yg ane terima... dan so far so good lah untuk tools ini.


   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...