Langsung ke konten utama

[DIY] Kuras Minyak Rem...Bikin Rem Berasa Smooooth

Setelah tempo hari sukses bikin enteng kopling dengan kuras habis dan ganti minyak kopling... ane semmpatin buat beli 2 botol minyak rem prestone DOT 3 yang ane persiapin buat ganti and kuras abis minyak rem KD ane.
Sesuai manual minyak rem dan kopling wajib diganti tiap 20.000 Km buat ngejaga performa sistem hidrolis rem dan juga ngerawat seal-seal master rem maupun seal-seal master roda biar awet. Selain itu tentunya dengan rajin dirawat dan diganti bikin rem jadi smooth dan perjalanan bareng KD jadi tenang and nyaman.

Berikut step-step kuras minyak Rem:
- Dongkrak roda, ganjal dengan jackstand biar aman
- Lepas sekrup pengunci reservoir dengan obeng (+), Lepas reservoir dari master rem atas.
- Bersihkan (cuci) reservoir lalu keringkan
- Pasang reservoir, isi sampai penuh dengan minyak rem DOT 3
- Buang angin pada sistem rem, dengan kendorkan niple rem pakai kunci ring 10
- Pasang selang bening dan tampung ujungnya ke wadah bekas botol air aki
- Tekan-tekan pedal rem sampai yang keluar dari nipel terlihat minyak sudah bersih (minyak rem baru)
- Jaga ketinggian minyak rem di reservoir jangan sampai kurang, isi kembali jika sudah dibawah garis Low
- Kencangkan nipel bila minyak yang keluar sudah bersih dan gak ada gelembung udara di minyak rem
- Lakukan bergantian di masing-masing roda
Okey setelah kelar dikuras, waktunya si KD dicoba nih buat jalan-jalan....

Tips:
- Buang angin dimulai dari roda belakang, wabil khusus untuk KD niple belakang hanya ada satu di sebelah kanan
- Untuk roda depan, buang angin dilakukan di kedua roda
- Sebaiknya dilakukan 2 orang, satu buka tutup nepel di roda, satu nekan pedal rem dan isi minyak rem
- Hati-hati minyak rem bisa buat cat ngelupas... so jika kena cat segera siram dengan air. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...