Langsung ke konten utama

[DIY] Bikin Rem Pakem... Cek Rem 4 Roda

Setelah kemaren beli dongkrak buaya ama Jack Stand, saatnya hari ini ane ngebengkel buat bikin rem si KD jadi pakem and smooth. 
Apalagi mo Lebaran jadi kondisi si KD wajib oke punya baik mesin maupun rem yang tentunya sangat sangat vital cuy...
Gak pake lama, setelah mobil terparkir ditempat teduh dan rata ane action....
Rem Tromol Belakang:
1. Dongkrak roda belakang, ganjal dengan jack stand lalu lepas dongkrak.
2. (posisi hand rem) Lepas kedua roda belakang dengan kunci shock 21 dan handle shock panjang
3. Lepas hand rem, pukul tromol dengan palu sampai terlepas
4. Bersihkan sepatu rem, backplat, tromol, master roda dari debu-debu/ kotoran dengan kuas kering
5. Cek seal master roda dari kebocoran dengan sedikit congkel dengan obeng (-)
6. Periksa ketebalan kanvas rem, amplas pake amplas kasar permukaannya
7. Periksa bagian dalam tromol, amplas pake amplas kasar permuaan yang bersinggungan dengan kamvas
8. Stel rem dengan obeng (-), pasang tromol dan putar-putar... rasakan agak seret-seret tapi masih bisa berputar.
Kondisi rem belakang KD ane, kebetulan gak da kebocoran diseal-seal master roda, kamvas juga masih lumayan... So cuman di bersihkan ma di stel aja.
Rem Cakram Depan:
1. Dongkrak roda depan, ganjal dengan jackstand
2. Lepas 2 baut sliding kaliper rem dengan kunci ringpas 14
3. Lepas kaliper dari cakram roda
4. Lepas brakepad (kamvas depan) dengan dicongkel pake obeng (-)
5. Bersihkan dengan amplas kasar permukaan brake pad dan cakram roda
6. Lumasi kedua sliding kaliper dengan grease.
7. Pasang brakepad dan kencangkan 2 baut sliding
Kondisi rem depan KD ane masih bagus... kamvas masih tebal, permukaan cakram roda juga masih rata dan tebal jadi gak perlu dibubut... hemat biaya.

Tips:
- Biar rem belakang gak bunyi, berikan sedikit pelumasan (pke grease) pada dudukan backplat yang bersinggungan dengan kamvas rem
- Sebaiknya kuras minyak rem tiap 20.000 Km agar sael-seal master roda dan kaliper awet.





Komentar

  1. Nano Titanium By Babyliss Pro | TITIAN TECHNOLOGY
    The nano titanium by babyliss Pro camillus titanium knife is a thin titanium bikes for sale and micro touch titanium trim lightweight, lightweight design. The design titanium bikes consists of a silicon plate covering the back of titanium exhaust tubing the

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...