Ngerawat Rondo KD bermesin diesel tuh cukup sederhana dan murah. Apalagi KD masih adopsi teknologi sistem bahan bakar manual dan indirect injection. Yang terpenting nih ente-ente para juragan owner KD wajib menjaga kebersihan sistem bahan bakar, yang tentunya berimbas dengan kebersihan tangki bahan bakar, injektor, filter solar, saluran bahan bakar.
Owner rondo KD harus rajin bersihin filter solar & cek water sendimentor tiap 5.000 dan ganti tiap 15.000 Km sesuai buku manual. Buat yang suka ngirit (pakai solar bersubsidi) wajib nih buat bersih-bersih saluran disitem bahan bakar terutama injection pump (bosch pump) dan injector.
Caranya sederhana cukup mudah...salah satunya dengan "diesel purging" secara rutin setiap 20,000 KM ato bahkan boleh juga setiap 10,000 KM
Efeknya kerasa banget cuy...tarikan jadi joss gandhozz... Koq bisa sieh? Ya bisalah cuy...kan obat purging ini bisa bersihin sistem bahan bakar yang kotor, dan meminimalkan resiko injektor tersumbat atau injection pump rusak. Wow... bayangkan cuy... berapa duitt yang ente keluarin jika sampe harus ganti injector ataupun service injection pump.... mahal cuy.
So lebih baik mencegah daripada mengobati....
Merek obat kuat buat KD ada macem-macem: Liqui Moly, STP, Primo, Wynn's dan masih banyak lagi. Dan kebetulan ane pake Primo Diesel Purge yang ane tebus seharga 150.000.
And then ternyata eh ternyata proses purging mudah bingits... bisa dikerjakan sendiri. Cukup luangkan waktu 30 menit untuk melakukannya.
Berikut step-stepnya ane kasih obat kuat buat rondo KD:
1. Sediakan 1 kaleng diesel purge kemasan 500 ml dan tang. Boleh juga kemasan 1 liter jika benar-benar sudah lama tidak pernah diesel purging
2. Geser klem slang in dan return bahan bakar ke bagian tengah slang terlebih dahulu dengan tang. Slang in mengarah ke rumah filter solar, sedangkan return mengarah ke tangki bahan bakar. Masukan kedua slang tersebut ke dalam botol diesel purge. Pastikan slang masuk hingga ke dasar botol dan ikat botol pake kabel ties agar tidak gerak waktu mesin dihidupkan.
3. Hidupkan mesin, boleh juga dibantu dengan menaikan putaran mesin hingga 2.000 RPM, namun boleh juga idling. Tidak perlu purging sampai habis. Sebaiknya sisakan seperempat kaleng. Jika purging sampai habis akan menyulitkan proses bleeding. Sisa cairan diesel purge bisa dituang ke dalam tangki bahan bakar
4. Lakukan proses bleeding atau buang angin di filter bahan bakar. Coba starter jika sudah mudah hidup, berarti angin sudah tidak ada di rumah filter bahan bakar
5. Bisa juga langsung dituang ke dalam tangki bahan bakar.
Referensi: otomotifnet.com
Referensi: otomotifnet.com
Komentar
Posting Komentar