Langsung ke konten utama

[Tips] Pake Obat Kuat....Tarikan KD Joss Gandhozz

Ngerawat Rondo KD bermesin diesel tuh cukup sederhana dan murah. Apalagi KD masih adopsi teknologi sistem bahan bakar manual dan indirect injection. Yang terpenting nih ente-ente para juragan owner KD wajib menjaga kebersihan sistem bahan bakar, yang tentunya berimbas dengan kebersihan tangki bahan bakar, injektor, filter solar, saluran bahan bakar.
Owner rondo KD harus rajin bersihin filter solar & cek water sendimentor tiap 5.000 dan ganti tiap 15.000 Km sesuai buku manual. Buat yang suka ngirit (pakai solar bersubsidi) wajib nih buat bersih-bersih saluran disitem bahan bakar terutama injection pump (bosch pump) dan injector.
Caranya sederhana cukup mudah...salah satunya dengan "diesel purging" secara rutin setiap 20,000 KM ato bahkan boleh juga setiap 10,000 KM
Efeknya kerasa banget cuy...tarikan jadi joss gandhozz... Koq bisa sieh? Ya bisalah cuy...kan obat purging ini bisa bersihin sistem bahan bakar yang kotor, dan meminimalkan resiko injektor tersumbat atau injection pump rusak. Wow... bayangkan cuy... berapa duitt yang ente keluarin jika sampe harus ganti injector ataupun service injection pump.... mahal cuy.
So lebih baik mencegah daripada mengobati....
Merek obat kuat buat KD ada macem-macem: Liqui Moly, STP, Primo, Wynn's dan masih banyak lagi. Dan kebetulan ane pake Primo Diesel Purge yang ane tebus seharga 150.000.
And then ternyata eh ternyata proses purging mudah bingits... bisa dikerjakan sendiri. Cukup luangkan waktu 30 menit untuk melakukannya. 
Berikut step-stepnya ane kasih obat kuat buat rondo KD: 
1. Sediakan 1 kaleng diesel purge kemasan 500 ml dan tang. Boleh juga kemasan 1 liter jika benar-benar sudah lama tidak pernah diesel purging
2. Geser klem slang in dan return bahan bakar ke bagian tengah slang terlebih dahulu dengan tang. Slang in mengarah ke rumah filter solar, sedangkan return mengarah ke tangki bahan bakar. Masukan kedua slang tersebut ke dalam botol diesel purge. Pastikan slang masuk hingga ke dasar botol dan ikat botol pake kabel ties agar tidak gerak waktu mesin dihidupkan.
3. Hidupkan mesin, boleh juga dibantu dengan menaikan putaran mesin hingga 2.000 RPM, namun boleh juga idling. Tidak perlu purging sampai habis. Sebaiknya sisakan seperempat kaleng. Jika purging sampai habis akan menyulitkan proses bleeding. Sisa cairan diesel purge bisa dituang ke dalam tangki bahan bakar
4. Lakukan proses bleeding atau buang angin di filter bahan bakar. Coba starter jika sudah mudah hidup, berarti angin sudah tidak ada di rumah filter bahan bakar
5. Bisa juga langsung dituang ke dalam tangki bahan bakar.

Referensi: otomotifnet.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...