Eitsss... Apaan tuh 15 menit yang menentukan? judulnya mengintimidasi bingitts yak...wkwkkw.. maksudnya tuh butuh waktu enggak lama,
cuman 15 menitan buat cek ricek semua kondisi Si KD sebelum diajakin jalan ama jokinya. Biar aman terkendali...and InsyaAllah selamat sampai tujuan...
Apa aja tuh poin-point yang dicekin? simak step step nya:
Gambar 1: Cek Oli
Step 1: Cek Oli
Cabut tuh stik oli mesin dan liat ketinggian oli harus berada dibatas min-max. Jangan kurang and lebih... la emang kenapa sich? Menurut pakar...
kapasitas oli yang berlebihan (diatas volume Max) akan bikin tekanan oli naik dari standartnya... So bisa bikin seal-seal cepat rusak dan lama-lama bikin kebocorn oli.
Tapi kalo oli dibawah min gimana? sebaliknya kapasitas oli yang kurang akan bikin tekanan oli dan pelumasan gak maximal... So bikin komponen-komponen cepat auss...
apalagi kalo sampai kehabisan oli bisa macet tuh mesin... seringnya yang kena duluan metal jalan dan metal duduk... macet and bisa patah tuh crankshaft (poros engkol) mesin.
Bahaya atuhh...
Cek juga kebocoran dari filter oli dan saluran-saluran oli...bisa diliat secara visual, termasuk crancase (carter) ato bak oli dari kolong mesin.
Pastikan juga dari gantungan oli... kilometer penggantian oli + filter masih lama, bila sudah waktunya segera ganti di bengkel langganan !!!...wkwkwkkw
Lanjuttt...cek oli Power steering dan Oli rem, buka tutup reservoirnya... dan pastikan volume oli diantara batas Low -Up. Hal ini untuk memastikan kondisi hidrolis pengereman dan hidrolis power steering. Intinya rem supaya berkendara aman dan P/S supaya kemudi nyaman....wkwkwkkw
Lanjuttt...cek oli Power steering dan Oli rem, buka tutup reservoirnya... dan pastikan volume oli diantara batas Low -Up. Hal ini untuk memastikan kondisi hidrolis pengereman dan hidrolis power steering. Intinya rem supaya berkendara aman dan P/S supaya kemudi nyaman....wkwkwkkw
Gambar 2: Cek Radiator
Step 2: Cek Radiator
Buka tutup radiator dan cek airnya, tambahkan air sampai penuh bila perlu. Cek juga reservoir ato tangki cadangan, volume air harus antara batas max-min.
Cek juga kemungkinan kebocoran dari tutup radiator, waterpump dan selang-selang radiator atas dan bawah (bisa diliat secara visual).
Sistem pendinginan ini sama pentingnya dengan siste pelumasan.... bila terjadi kebocoran dan volume air berkurang...maka mesin akan panas dan tenaga ngemposs...
parahnya lagi kalo sampai kehabisan air bisa macet tuh mesin ente...Biasanya yang kena duluan bisa head siliner melengkung ato piston yang macet...
akan baret-baret tuh piston dan liner silinder, bisa berabe niichh... alamat overhoul...Aduhh maaakkkkk.
Step 3: Panasin Mesin
2 poin diatas kelar lanjut hidupkan mesin, panasin 5-10 menit agar didapat suhu ideal kerja mesin ( 80-90 derajat celcius) sebelum diajak kebut-kebutan dijalanan...wkwkwk.
Gak perlu lama-lama karena selain bikin boros BBM juga bikin sesak nafas karena polusi dari knalpot hehehehe. Sembari manasin mesin, bisa paralel cek-cekin beberapa poin-point dibawah...
Gambar 3: Cek Tekanan Ban
Step 4: Tekanan Ban
Pastikan tekanan ban sesuai standart pabrikan...antara 29 sampai 32 PSi... biasanya untuk kuda ane kasih 30 PSi rata buat keempat roda nya. Tekanan yang berlebihan bikin kendaraan terasa keras
saat jalan... terutama dijalan cor-coran yang sekarang banyak bingiitss...wkwkwk dan juga pengereman bisa gak maximal karena tapak yang menempel dijalan relatif lebih sedikit.
Begitu juga sebaliknya bila ban kempes akan bikin gak nyaman saat jalan dan keausan gak rata di ban. Pastikan juga kekerasan baut roda...jangan sampai kendor cuuyyy... standart pabrik kalo punya kunci torque: 19-21 Kg/Nm.
Step 5: Lampu-lampu
Pastikan semua lampu-lampu berfungsi normal... dari head lamp jauh deket, lampu riting, lampu etret (mundur), lampu rem dan juga klakson.
Bila lampu mati bisa cek bolb ato sekring biasanya yang sering rusak (ngirit cuy...sebelum dibawa ke bengkel).
Gambar 4: Surat-surat
Step 6: Surat-surat
Pastikan ente bawa surat-surat kayak STNK and SIM...sapa tau ada razia...wkwkwk
Naaahhhh....Itu diaa 15 menit yang menentukan versi ane...semoga bermanfaat... Salam Satu Kuda Sejuta Saudara....:D
Naaahhhh....Itu diaa 15 menit yang menentukan versi ane...semoga bermanfaat... Salam Satu Kuda Sejuta Saudara....:D
Komentar
Posting Komentar