Langsung ke konten utama

[Tips] 15 Menit Yang Menentukan

Eitsss... Apaan tuh 15 menit yang menentukan? judulnya mengintimidasi bingitts yak...wkwkkw.. maksudnya tuh butuh waktu enggak lama,
cuman 15 menitan buat cek ricek semua kondisi Si KD sebelum diajakin jalan ama jokinya. Biar aman terkendali...and InsyaAllah selamat sampai tujuan...
Apa aja tuh poin-point yang dicekin? simak step step nya:

                                                       Gambar 1: Cek Oli

Step 1: Cek Oli 
Cabut tuh stik oli mesin dan liat ketinggian oli harus berada dibatas min-max. Jangan kurang and lebih... la emang kenapa sich? Menurut pakar...
kapasitas oli yang berlebihan (diatas volume Max) akan bikin tekanan oli naik dari standartnya... So bisa bikin seal-seal cepat rusak dan lama-lama bikin kebocorn oli.
Tapi kalo oli dibawah min gimana? sebaliknya kapasitas oli yang kurang akan bikin tekanan oli dan pelumasan gak maximal... So bikin komponen-komponen cepat auss... 
apalagi kalo sampai kehabisan oli bisa macet tuh mesin... seringnya yang kena duluan metal jalan dan metal duduk... macet and bisa patah tuh crankshaft (poros engkol) mesin.
Bahaya atuhh...
Cek juga kebocoran dari filter oli dan saluran-saluran oli...bisa diliat secara visual, termasuk crancase (carter) ato bak oli dari kolong mesin.
Pastikan juga dari gantungan oli... kilometer penggantian oli + filter masih lama, bila sudah waktunya segera ganti di bengkel langganan !!!...wkwkwkkw
Lanjuttt...cek oli Power steering dan Oli rem, buka tutup reservoirnya... dan pastikan volume oli diantara batas Low -Up. Hal ini untuk memastikan kondisi hidrolis pengereman dan hidrolis power steering. Intinya rem supaya berkendara aman dan P/S supaya kemudi nyaman....wkwkwkkw

                                               Gambar 2: Cek Radiator


Step 2: Cek Radiator 
Buka tutup radiator dan cek airnya, tambahkan air sampai penuh bila perlu. Cek juga reservoir ato tangki cadangan, volume air harus antara batas max-min.
Cek juga kemungkinan kebocoran dari tutup radiator, waterpump dan selang-selang radiator atas dan bawah (bisa diliat secara visual). 
Sistem pendinginan ini sama pentingnya dengan siste pelumasan.... bila terjadi kebocoran dan volume air berkurang...maka mesin akan panas dan tenaga ngemposs...
parahnya lagi kalo sampai kehabisan air bisa macet tuh mesin ente...Biasanya yang kena duluan bisa head siliner melengkung ato piston yang macet... 
akan baret-baret tuh piston dan liner silinder, bisa berabe niichh... alamat overhoul...Aduhh maaakkkkk. 

Step 3: Panasin Mesin
2 poin diatas kelar lanjut hidupkan mesin, panasin 5-10 menit agar didapat suhu ideal kerja mesin ( 80-90 derajat celcius) sebelum diajak kebut-kebutan dijalanan...wkwkwk.
Gak perlu lama-lama karena selain bikin boros BBM juga bikin sesak nafas karena polusi dari knalpot hehehehe. Sembari manasin mesin, bisa paralel cek-cekin beberapa poin-point dibawah...

                                             Gambar 3: Cek Tekanan Ban


Step 4: Tekanan Ban
Pastikan tekanan ban sesuai standart pabrikan...antara 29 sampai 32 PSi... biasanya untuk kuda ane kasih 30 PSi rata buat keempat roda nya. Tekanan yang berlebihan bikin kendaraan terasa keras 
saat jalan... terutama dijalan cor-coran yang sekarang banyak bingiitss...wkwkwk dan juga pengereman bisa gak maximal karena tapak yang menempel dijalan relatif lebih sedikit.
Begitu juga sebaliknya bila ban kempes akan bikin gak nyaman saat jalan dan keausan gak rata di ban. Pastikan juga kekerasan baut roda...jangan sampai kendor cuuyyy... standart pabrik kalo punya kunci torque: 19-21 Kg/Nm.


Step 5: Lampu-lampu
Pastikan semua lampu-lampu berfungsi normal... dari head lamp jauh deket, lampu riting, lampu etret (mundur), lampu rem dan juga klakson.
Bila lampu mati bisa cek bolb ato sekring biasanya yang sering rusak (ngirit cuy...sebelum dibawa ke bengkel).
                                             Gambar 4: Surat-surat

Step 6: Surat-surat
Pastikan ente bawa surat-surat kayak STNK and SIM...sapa tau ada razia...wkwkwk

Naaahhhh....Itu diaa 15 menit yang menentukan versi ane...semoga bermanfaat... Salam Satu Kuda Sejuta Saudara....:D


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...