Langsung ke konten utama

[DIY] Fresh fresh fresh.... Tahun Baru, Oli Baruuu....

Mumpung masih awal Januari... ane mo ngucapin Selamat Tahun Baru 2020... Semoga ditahun baru ini kita semua diberikan keberkahan umur, rejeki dan mendapatkan yg terbaik...Aamiiin.

Oiya Tahun baru, Oli KD ane juga harus baru donk... biar fresh fresh fresh...hahahha. Ane siapin beli oli Mesin di SPBU Jl Ahmad Yani Semarang... ini kata orang-orang SPBU pertamina... selain besar juga ada mini market yang jualan oli dll. Dapet harga 175K untuk nebus oli Meditran SC SAE 15W-40... termasuk lumayan murah harga segitu... ane juga mampir beli filter oli dibilangan Mataram...dapat harga 55K coz ane beli merk Sakura. Kalo yg ori Mitsubishi kemarin 135K... lumayan jauh selisih harganya.

                                            Gambar Oli Meditran SC 5 Ltr

Sampe rumah langsung dah ane action...dengan semangat 45 ane dongkrak bagian depan mobil trus ane ganjal pake jack stand biar aman. Trus ane siapin wadah buat nampung oli, sekalian ambil kunci ring pas 17 untuk buka baut tap oli di bak oli mesin (carter).

                                                   Gambar Tap Oli Mesin

Setelah oli tuntas, ane pasang kembali baut tutup oli, tak lupa ane kasih asbes putih biar gak rembes ntar. Lalu ane buka filter oli pakai kunci filter...Sebelum ane pasang, ane bersihin sisa2 oli di bekas filter lama pakai kain bersih, lalu ane beri sedikit oli di seal filter yang baru trus ane pasang. Oiya waktu pasang hanya diputar menggunakan tangan sampai kencang penuh dengan kekuatan tangan kosong... baru deh ditambah dikit diputar pake kunci filter sekitar 1/4 putaran

                                               Gambar Melepas Filter Oli

Setelah baut tap oli dan filter oli terpasang, ane siapin oli baru buat diisikan ke Mesin KD ane. kapasitas oli meditran SC ini adalah 5 Liter... pass untuk KD ane yang bermesin 4D56.

                                                  Gambar Filter oli baru

Kelar sudah... tinggal dihidupin untuk sirkulasi oli...dan mesin KD ane pun kembali fresh fresh fresh... tahun baru oli baru...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...