Langsung ke konten utama

[DIY] Onderstell...suara ciiiet ciiiet hilang

 Akhir-akhir ini tiap kali ane bawa si KD dan lewat dijalan yg enggak rata, lubang atau polisi tidur pasti deh ada bunyi ciiet ciiet kayak ada tikus kejepitt... ahahaha :P

Pasti neh ada yang gak beres... waktunya cek bagian bawah kendaraan alias Onderstel atau Understell bahasa bengkelnya. Biar hemat ane lakuin DIY (Do It Yourself) alias mbengkel sendiri... sesuai anjuran pemerintah untuk dirumah aja (WFH= Work From Home) selama pandemi COVID-19 ini.

Gambar: pemasangan jackstand

Oiya dikota ente lockdown gak cuy?? Kalo ditempat ane ada PPKM (Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), beda sama Jakarta yg namannya PSBB (Pembatasan Sosial berskala Besar). Namanya beda tapi intinya sama... jalan-jalan banyak ditutup, kegiatan masyarakat dibatasi semua demi menanggulangi penyebaran COVID-19 yang merajalela.

Gambar: Cek baut stabilizer

Walahhh.. malah ane bahas COVID-19 hahaha... Lets go mbengkel... Ane dongkrak dan jackstand si KD trus ane ngolong cek kondisi bagian bawah kendaraan ane... Sambil bawa kunci ring ane cek masing-masing baut bagian bawah si KD...wuihh KD diatas ane dibawah...ups :P

                                           Gambar: cek baut shockbreker

Berikut daftar baut & mur yang ane cek:

1. Baut shock breker depan kiri kanan

2. Baut camber (strut bar)

3. baut stabilizer depan

4. Baut Mounting tansmisi (persneleng)

5. Baut Knalpot dan sambungan silencer (kendangan)

6. Baut shock breker belakang

7. Baut stabiliser belakang

8. Cross joint (kopel)

Semua ane cek, kalo kendor langsung ane kencenginn cuy...dan ane dapati bberapa baut knalpot ada yang kendor, trus karet shock belakang sudah tipis (aus), carter rembes dikit... selebihnya aman cuy...

Wuiihhhh...keren kan cuy, banyak manfaat dari understell atau pengecekan bagian bawah si KD ini... ane jadi tau kondisi urat-urat boil ane. Khusus untuk karet shock belakang yang sudah aus ane belikan partnya seharga 25K per pcs. 

                                   Gambar: karet shockbreker aus dan baru

Ane lepas pake kunci 14 dan ane tarik keluar, ane pasang karet baru kencengin lagi... sekalian cek kondisi shock harus ada redaman... kalo ditarik berat, ditekan juga berat..cek juga kebocoran shock belakang.

Hmmm... Gak sampai 2 jam, proses pijat urat si KD (bc: understell) pun kelar...asyik juga cuy mijat si KD hehehe... Ane coba test drive dijalanan gak rata dan suara bunyi-bunyian cieet cieet kayak tikus kejepit pun hilang.

Mayan cuy, ane hemat fuluss karena ngurut si KD sendiri...coba kalo di bengkel Onderstell paling enggak udah kena 200-300K

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...