Akhir-akhir ini tiap kali ane bawa si KD dan lewat dijalan yg enggak rata, lubang atau polisi tidur pasti deh ada bunyi ciiet ciiet kayak ada tikus kejepitt... ahahaha :P
Pasti neh ada yang gak beres... waktunya cek bagian bawah kendaraan alias Onderstel atau Understell bahasa bengkelnya. Biar hemat ane lakuin DIY (Do It Yourself) alias mbengkel sendiri... sesuai anjuran pemerintah untuk dirumah aja (WFH= Work From Home) selama pandemi COVID-19 ini.
Oiya dikota ente lockdown gak cuy?? Kalo ditempat ane ada PPKM (Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), beda sama Jakarta yg namannya PSBB (Pembatasan Sosial berskala Besar). Namanya beda tapi intinya sama... jalan-jalan banyak ditutup, kegiatan masyarakat dibatasi semua demi menanggulangi penyebaran COVID-19 yang merajalela.
Walahhh.. malah ane bahas COVID-19 hahaha... Lets go mbengkel... Ane dongkrak dan jackstand si KD trus ane ngolong cek kondisi bagian bawah kendaraan ane... Sambil bawa kunci ring ane cek masing-masing baut bagian bawah si KD...wuihh KD diatas ane dibawah...ups :P
Gambar: cek baut shockbrekerBerikut daftar baut & mur yang ane cek:
1. Baut shock breker depan kiri kanan
2. Baut camber (strut bar)
3. baut stabilizer depan
4. Baut Mounting tansmisi (persneleng)
5. Baut Knalpot dan sambungan silencer (kendangan)
6. Baut shock breker belakang
7. Baut stabiliser belakang
8. Cross joint (kopel)
Semua ane cek, kalo kendor langsung ane kencenginn cuy...dan ane dapati bberapa baut knalpot ada yang kendor, trus karet shock belakang sudah tipis (aus), carter rembes dikit... selebihnya aman cuy...
Wuiihhhh...keren kan cuy, banyak manfaat dari understell atau pengecekan bagian bawah si KD ini... ane jadi tau kondisi urat-urat boil ane. Khusus untuk karet shock belakang yang sudah aus ane belikan partnya seharga 25K per pcs.
Ane lepas pake kunci 14 dan ane tarik keluar, ane pasang karet baru kencengin lagi... sekalian cek kondisi shock harus ada redaman... kalo ditarik berat, ditekan juga berat..cek juga kebocoran shock belakang.
Hmmm... Gak sampai 2 jam, proses pijat urat si KD (bc: understell) pun kelar...asyik juga cuy mijat si KD hehehe... Ane coba test drive dijalanan gak rata dan suara bunyi-bunyian cieet cieet kayak tikus kejepit pun hilang.
Mayan cuy, ane hemat fuluss karena ngurut si KD sendiri...coba kalo di bengkel Onderstell paling enggak udah kena 200-300K
Komentar
Posting Komentar