Langsung ke konten utama

[DIY] Rem Amblezz... Ganti Wheel Cylinder

Kemarin waktu ane perjalanan pulang dari Ungaran Barat ke rumah lewat daerah mijen...ane ngerasa ada yang aneh dengan rem KD ane... dengan kontur jalan pegunungan naik turun dan berkelok kelok performa rem benar benar dituntut dalam kndisi prima.

Pijakan pedal rem ane terasa dalam dan rem kurang pakem... So ane gak berani kencang seperti biasanya, ane berusaha menjaga ritme trek jalan dengan performa rem KD ane yang lagi gak bersahabat... tau sendiri rem adalah adalah salah satu alat safety terpenting dalam berkendara.... rem blong bisa berabe...orang jawa bilang: 'biar lambat asal selamat"....Alhamdulillah... sampe rumah dengan selamat meski harus pelan-pelan...

                                       Gambar: Jack stand bagian belakang 

Setelah rehat ane langsung cek si KD.. ane buka kap mesin trus ane cek reservoir minyak rem, ternyata minyak rem berkurang lumayan dibawah garis batas LOW. Ane ambil dongkrak dan jackstand untuk bagian belakang KD, bongkar rem belakang pun dimulai.... Baut roda belakang kiri kanan ane kendorin dengan kunci shock 21 (note: cukup kendorin aja), trus ane dongkrak dibagian gardan dan ane pasang jackstand di kiri kanan house gardan. Bagian belakang si KD telah terangkat dan baut roda telah dikendorin sebelumnya, tinggal lanjutin lepas baut-baut roda untuk bisa melepas roda belakang... 

Gambar: Wheel cyl bocor
                                                     
Action mbengkel rem pun dimulai... Buat buka tromol roda belakang...tak lupa ane turunin handle hand-rem biar tromol bs dilepas. Lalu ane pukul-pukul tromol pake palu... setelah tromol bergeser, ane tarik tromol dengan kedua tangan. Terlepas sudah tromol roda belakang dan ane bisa cek masing-masing master rem roda belakang (wheel cylinder).

                                             Gambar: Melepas wheel cyl 

Wooo... terlihat wheel cyl yang bocor oli remnya...langsung dah ane lepas kiri dan kanan dengan kunci shock 10. Sebelum ane lepas baut wheel cyl ane lepas dulu selang rem dengan kunci nepel. Ane sempat berfikir untuk bersihin ini wheel cyl... trus beli seal karetnya aja itung-itung ngirit fuluss... hehehe..:P Tapi enggak jadi soale selain ane butuh cepet.. juga takutnya nanti kalo cuman ganti seal cepet bocor lagi malah berabe... So ane beli master roda seglondong kiri kanan biar balance...boso sononyaa wheel cylinder assy....ane dapat harga @85K untuk masing-masing wheel cyl merk Sanyco.

Gambar: Wheel cyl Sanyco

Oiya untuk kuda diesel ini istimewaaa... beda ama mobil lain, baut nepel wheel cyl hanya dikanan, yang kiri gak ada nepelnya...dua-duanya selang rem. Besoknya ane pasang tuh wheel cyl kiri kanan, lalu ane bersihin bagian dalam tromol dengan amplas kasar, kamvas rem belakang (brake shoe) juga ane amplas, lalu ane stel rem dengan obeng minus... 3-5 klik sampai terasa seret-seret di tromol waktu diputar.

Gambar: Wheel cyl baru

Tak lupa ane juga buang angin minyak rem alias bleeding rem...ane dibantu ponakan ane untuk nekan-nekan pedal rem, Sementara baut nepel ane kendorin dan pasang selang bening ke penampungan minya rem bekas...akan terlihat minyak rem dan gelembung-gelembung udara keluar. Setelah minyak rem yg keluar bersih dari gelembung-gelembung angin ane kencengin baut nepel. 

Oiya waktu bleeding tak lupa ane juga isi sampai penuh reservoir minyak rem. Kira-kira untuk bleeding dan kuras minyak rem ini habis sekitar 500ml minyak rem prestone DOT 3. Selesai sudah cek rem roda belakang... dan roda belakang kiri kanan ane pasang kembali.

Gambar: Bleeding rem

Untuk rem depan, waktu ane cek normal gak ada kebocoran, so cukup diamplas kamvas rem depan (brake pad) dan cakramnya aja. Info dari orang-orang bengkel untuk rem depan memamg sangat jarang dijumpai bocor, katanya 99% kebocoran di rem belakang... So kalo dijumpai rem ambles maka indikasinya:

 1. kebocoran wheel cyl (master roda) belakang

 2. kebocoran master rem atas

 3. kebocoran selang-selang rem 

Rem depan cenderung macet problemnya, piston caliper gak mau balik...sehingga rem roda depan akan panas dan biasanya saat direm akan terasa banting kiri atau kanan. Kalo sudah gtu ente harus bongkar kaliper, dibersihin dan ganti seal-sealnya.... cek juga kalo piston baret/rusak langsung ganti. Alhamdulillah rem depan ane masih OK, So gak perlu nambah pengeluaran.... hehehe

Setelah semua kelar...Ane coba drive test keliling perumahan dan ane coba berkali-kali pengereman sudah normal kembali... Alhamdulillah wa syukurillah..






















Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...