Kemarin waktu ane perjalanan pulang dari Ungaran Barat ke rumah lewat daerah mijen...ane ngerasa ada yang aneh dengan rem KD ane... dengan kontur jalan pegunungan naik turun dan berkelok kelok performa rem benar benar dituntut dalam kndisi prima.
Pijakan pedal rem ane terasa dalam dan rem kurang pakem... So ane gak berani kencang seperti biasanya, ane berusaha menjaga ritme trek jalan dengan performa rem KD ane yang lagi gak bersahabat... tau sendiri rem adalah adalah salah satu alat safety terpenting dalam berkendara.... rem blong bisa berabe...orang jawa bilang: 'biar lambat asal selamat"....Alhamdulillah... sampe rumah dengan selamat meski harus pelan-pelan...
Gambar: Jack stand bagian belakangSetelah rehat ane langsung cek si KD.. ane buka kap mesin trus ane cek reservoir minyak rem, ternyata minyak rem berkurang lumayan dibawah garis batas LOW. Ane ambil dongkrak dan jackstand untuk bagian belakang KD, bongkar rem belakang pun dimulai.... Baut roda belakang kiri kanan ane kendorin dengan kunci shock 21 (note: cukup kendorin aja), trus ane dongkrak dibagian gardan dan ane pasang jackstand di kiri kanan house gardan. Bagian belakang si KD telah terangkat dan baut roda telah dikendorin sebelumnya, tinggal lanjutin lepas baut-baut roda untuk bisa melepas roda belakang...
Gambar: Melepas wheel cyl
Wooo... terlihat wheel cyl yang bocor oli remnya...langsung dah ane lepas kiri dan kanan dengan kunci shock 10. Sebelum ane lepas baut wheel cyl ane lepas dulu selang rem dengan kunci nepel. Ane sempat berfikir untuk bersihin ini wheel cyl... trus beli seal karetnya aja itung-itung ngirit fuluss... hehehe..:P Tapi enggak jadi soale selain ane butuh cepet.. juga takutnya nanti kalo cuman ganti seal cepet bocor lagi malah berabe... So ane beli master roda seglondong kiri kanan biar balance...boso sononyaa wheel cylinder assy....ane dapat harga @85K untuk masing-masing wheel cyl merk Sanyco.
Oiya untuk kuda diesel ini istimewaaa... beda ama mobil lain, baut nepel wheel cyl hanya dikanan, yang kiri gak ada nepelnya...dua-duanya selang rem. Besoknya ane pasang tuh wheel cyl kiri kanan, lalu ane bersihin bagian dalam tromol dengan amplas kasar, kamvas rem belakang (brake shoe) juga ane amplas, lalu ane stel rem dengan obeng minus... 3-5 klik sampai terasa seret-seret di tromol waktu diputar.
Tak lupa ane juga buang angin minyak rem alias bleeding rem...ane dibantu ponakan ane untuk nekan-nekan pedal rem, Sementara baut nepel ane kendorin dan pasang selang bening ke penampungan minya rem bekas...akan terlihat minyak rem dan gelembung-gelembung udara keluar. Setelah minyak rem yg keluar bersih dari gelembung-gelembung angin ane kencengin baut nepel.
Oiya waktu bleeding tak lupa ane juga isi sampai penuh reservoir minyak rem. Kira-kira untuk bleeding dan kuras minyak rem ini habis sekitar 500ml minyak rem prestone DOT 3. Selesai sudah cek rem roda belakang... dan roda belakang kiri kanan ane pasang kembali.
Untuk rem depan, waktu ane cek normal gak ada kebocoran, so cukup diamplas kamvas rem depan (brake pad) dan cakramnya aja. Info dari orang-orang bengkel untuk rem depan memamg sangat jarang dijumpai bocor, katanya 99% kebocoran di rem belakang... So kalo dijumpai rem ambles maka indikasinya:
1. kebocoran wheel cyl (master roda) belakang
2. kebocoran master rem atas
3. kebocoran selang-selang rem
Rem depan cenderung macet problemnya, piston caliper gak mau balik...sehingga rem roda depan akan panas dan biasanya saat direm akan terasa banting kiri atau kanan. Kalo sudah gtu ente harus bongkar kaliper, dibersihin dan ganti seal-sealnya.... cek juga kalo piston baret/rusak langsung ganti. Alhamdulillah rem depan ane masih OK, So gak perlu nambah pengeluaran.... hehehe
Setelah semua kelar...Ane coba drive test keliling perumahan dan ane coba berkali-kali pengereman sudah normal kembali... Alhamdulillah wa syukurillah..
Komentar
Posting Komentar