Langsung ke konten utama

[DIY] Front Hub... Roda Ngaciiirrr Smooth Smooth...

Hmm...Lama ane belum pernah ganti pelumas roda alias grease...waktunya ganti niihh... Sesuai rekomendasi perawatan rutin di beres (bengel resmi) untuk pengecekan Front Hub roda depan (pengecekan bearing roda) include penggantian grease adalah setiap 20.000 Km atau setahun sekali. Nahh si KD ini tuh udah 5 tahunan belum ganti grease dan cek laker (bearing)...Hahaaah... Gak usah lebay tonk!!

Gambar: si KD kesayangan

Ya udah mumpung pemerintah lagi galakin protokol kesehatan dan juga WFH alias kerja dari rumah saja, untuk menekan laju penularan COVID-19... So mbengkel sendiri bisa jadi solusi nih... Ane ambil dongkrak, dan ane pasin di lower arm... setelah terangkat dikit ane putar roda dan rasakan putaran dengan pegang upper arm...terasa sedikit gregel.

Gambar: Pengecekan Front Hub

Lalu ane pegang roda atas bawah lalu ane gerak gerakin ada sedikit terasa longar (speleng)... ini untuk roda depan kiri cuy... sedangkan waktu ane dongkrak roda depan kanan putaran halus gak da gregel-gregel walau dikit. Ane pegang roda atas bawah juga kenceng gak da speleng... artinya apa? artinya roda depan perlu Front Hub alias dibongkar dan dicek laker-lakernya...sekalian ganti pelumas (grease).

Gambar: Hub roda depan dibongkar

Segera ane ambil jackstand untuk dipasang di chasis depan dan melepas masing-masing roda kiri kanan. Lalu ane siapin obeng minus, tang, palu dan kunci ring 30, kunci ring 14 dan kunci 19 buat overhaul bearing alias Fornt Hub. Berikut step by step yg ane lakuin cuy:

1. Ane dongkrak bagian depan si KD, lalu ane pasang jackstand biar aman cuy...

2. Lalu ane lepas roda kiri kanan

3. Lanjut ane lepas kaliper dengan melepas 2 baut sliding atas bawah dengan kunci ring 14. Baut selang flexibel rem gak perlu ane lepas... biar ane gak perlu bleeding rem depan. Setelah caliper terlepas cukup ane iket tali aj ke upper arm biar aman.

4. Ane lepas 2 baut braket caliper dengan melepas pakai kunci ring 19

5. Abis itu ane epas cover hub dengan mencongkel pake obeng minus (-)

6. Lanjut ane lepas spi pen (paku pengunci mur) pake tang

7. Lalu ane kendorin baut Fron hub pake kunci ring 30

8. Ane lepas cakram berikut bearing hub didalamnya

9. Untuk lepas bearing dalam dan seal bisa dengan obeng minus dan dipukul palu dari sisi sebelahnya

Semua part ane bersihin lalu ane keringin...grease hub roda kanan terlihat masih bagus, sedangkan grease hub kiri sudah encer dan berwarna hitam karena seal hub nya bocor.

Gambar: Pengecekan laker roda

Laker-laker yg udah ane bersihin, ane cek satu2... ane pasang didudukannya lalu ane putar sambil ditekan...Semuanya msh halus gak gregel2 dan fisiknya pun msh bagus cuy...enggak baret2.. Kalau baret alamat ganti tuh laker... tp ini msh bagus khas kualitas mitsubishi awettt... So ane cuman perlu perawatan ganti grease aj sama ganti seal hub.

Gambar: Bearing set depan Merk Koyo

FYI... Kalau ganti laker set merk koyo dipasaran seharga 150K per roda...Berhubung msh bagus Ane hanya beli seal hub kiri kanan seharga @45K, untuk grease ane pake grease bearing seharga 50K. Setelah semua siap, ane masukin grease kedalam lubang hub, lalu ane isikan grease ke masing-masing2 bearing. Bearing bagian dalam dipasang dulu cuy... lalu ane pasang seal hub dengan memukul pelan2 dengan palu plastik. Lanjut ane pasang bearing luar.

                                            Gambar: seal hub depan KD

Next ane pasang cakram hub ke as roda, pasang ring dan mur 30... Ane setel bearing depan dengan cara dikencengin sambil hub diputar-putar, bila hub sdh gak berputar, ane kurangi pengencangan 1/4 putaran...(hehehe... ilmu bengkel jalanan). Lanjut ane pasang spi pen lalu ane pasang tutup hub.

Setelah hub terpasang ane bersihin cakram dengan lap biar sisa-sisa kotoran/ grease yang menempel hilang. Lanjut ane amplas cakram rem berikut kamvas rem... lalu ane pasang braket kaliper dengan kunci ring 19. lalu ane pasang caliper rem plus kamvas rem yang telah diamplas sebelumnya.

Tinggal pasang roda dan kelar sudah acara Front Hub hari ini cuy... Drive test dan roda pun ngacir smooth... smooth...mantabb

Note: aslinya untuk bearing depan di bengkel resmi (beres) pengencangan hub diukur dengan torsi 1 Kg/m





Komentar

  1. mo nanya... harga laker hub depan kuda yg ori kisaran brp ya? sama harga sealnya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga ori KTB bisa tanya lsg ke dealer gan... kl pake laher (bearing) merk toyo 1 set luar dalam sekitar 150K plus seal 45K

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...