Langsung ke konten utama

[Share] KD Malas Bangun Pagi... Ganti Glow Plug

Akhir-akhir ini gak seperti biasanya...tiap kali bangun pagi si KD seperti malas-malasan ogah bangun. Selidik punya selidik ternyata di mesin 4D56 punya si KD ini type mesin diesel indirect injection, dimana untuk pembakaran dibutuhkan ruang bakar bantu dan dilengkapi busi pemanas alias glow plug cuy...

                                             Gambar : Melepas glow plug

Eitss... Bener gak sih katanya mesin diesel gak butuh busi kayak mesin bensin ?? Emang bener bahwa mesin diesel gak butuh busi untuk proses pembakaran layaknya mesin-mesin gasoline... That's right. La terus busi pemanas td buat apa?? Beda dengan mesin bensin dimana untuk proses pembakaran dibutuhkan percikan api dari busi agar terjadi proses letupan tenaga. Pada mesin diesel busi pemanas (glow plug) ini cuman aktif saat awal sebelum mesin diesel dihidupkan... tujuanya untuk manasin ruang bakar sehingga proses pemampatan udara plus semprotan solar dari injector bisa terbakar dengan sendirinya saat ruang pembakaran telah panas...jadi gak butuh percikan api ditiap langkah tenangannya.

                                              Gambar: Glow plug lama

So beda dengan mesin bensin...mesin diesel busi hanya untuk pemanas diawal mesin mau dihidupkan. Itupun untuk mesin-mesin diesel indirect injection... seperti mesin si KD ini 4D56 atau mesin panther lama C223. Kl mesin diesel direct injection yg gak da ruang bakar bantu tuh kagak butuh glow plug misal mesin COLT Diesel, mesin ELF dll. Mudeng kagak cuy? hahahha... dari pada pala pusing...mending tanya anak STM atau orang-orang bengkel...Just info aja.

Langsung aja ane cek system glow plug ini dengan tes pen 12 Volt DC, saat kunci kontak ON dan didashboard speedo lampu nyala (biasanya berbentuk seperti spiral) maka lampu tes pen akan nyala... artinya bahwa arus dari relay ke glow plug aman.

                                           Gambar: Glow plug baru (segel)

Lanjut ane ambil kunci ring 10 untuk melepas klem minus (-) AKI... ingat gaeesss untuk menghindari konsleting tiap bongkar-bongkar perangkat kelistrikan usahakan klem terminal (-) AKI dilepas. Lalu ane lepas mur 8 ditiap-tiap ujung glow plug agar bisa melepas plat besi yg menghubungkan keempat glowplug tadi. Terus ane lepas satu-satu glow plug dengan kunci shock 12 panjang. Lakukan di semua busi pemanas ke empat empatnya... Mudah bingiiittt nglepasnya gaeess...

                                        Gambar: Pengecekan glow plug OK

Sekarang saatnya ane cek satu-satu glow plugnya dengan menghubungkan ujung glow plug dengan kabel menuju terminal (+) AKI. lalu bodi glow plug ane cepit dengan tang (jangan dipegang tangan langsung) dan kita tempelkan ke terminal (-) AKI. Tunggu sekitar 30 detik maka ujung busi pemanas akan menyala merah (membara) kalo msh bagus. Kalo setelah 30 detik atau lebih gak bereaksi apa-apa artinya glow plug KOIT.

Gambar: Pengecekan glow plug not OK

Nahh di pengetesan ane dari keempat busi pemanas ini hanya 1 aja yang masih OK lainnya udh KOIT semua... So belilah ane glow plug si KD...seharga 300K untuk 4 pcs merk ACR (non ori). Kalo ori infonya sampe 300 per biji wooww,, mehong bener hahaha... Sebelum ane pasang ane tes dulu semuanya, setelah ke 4 nya OK barulah ane pasang glow plug tadi ke si KD

Ane starter dan wow amazing... mesin 4D56 punya si KD langsung bangun gaesss...mantabb bener nih. Sekarang si KD gak malas lagi kalo bangun pagi...soalnya sudah ada yg foreplay... upss, manasin si KD maksudnya ahhahaha...siapa lagi kalo bukan si Glowplug. Mantabbb...




Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...