Akhir-akhir ini gak seperti biasanya...tiap kali bangun pagi si KD seperti malas-malasan ogah bangun. Selidik punya selidik ternyata di mesin 4D56 punya si KD ini type mesin diesel indirect injection, dimana untuk pembakaran dibutuhkan ruang bakar bantu dan dilengkapi busi pemanas alias glow plug cuy...
Gambar : Melepas glow plugEitss... Bener gak sih katanya mesin diesel gak butuh busi kayak mesin bensin ?? Emang bener bahwa mesin diesel gak butuh busi untuk proses pembakaran layaknya mesin-mesin gasoline... That's right. La terus busi pemanas td buat apa?? Beda dengan mesin bensin dimana untuk proses pembakaran dibutuhkan percikan api dari busi agar terjadi proses letupan tenaga. Pada mesin diesel busi pemanas (glow plug) ini cuman aktif saat awal sebelum mesin diesel dihidupkan... tujuanya untuk manasin ruang bakar sehingga proses pemampatan udara plus semprotan solar dari injector bisa terbakar dengan sendirinya saat ruang pembakaran telah panas...jadi gak butuh percikan api ditiap langkah tenangannya.
Gambar: Glow plug lamaSo beda dengan mesin bensin...mesin diesel busi hanya untuk pemanas diawal mesin mau dihidupkan. Itupun untuk mesin-mesin diesel indirect injection... seperti mesin si KD ini 4D56 atau mesin panther lama C223. Kl mesin diesel direct injection yg gak da ruang bakar bantu tuh kagak butuh glow plug misal mesin COLT Diesel, mesin ELF dll. Mudeng kagak cuy? hahahha... dari pada pala pusing...mending tanya anak STM atau orang-orang bengkel...Just info aja.
Langsung aja ane cek system glow plug ini dengan tes pen 12 Volt DC, saat kunci kontak ON dan didashboard speedo lampu nyala (biasanya berbentuk seperti spiral) maka lampu tes pen akan nyala... artinya bahwa arus dari relay ke glow plug aman.
Gambar: Glow plug baru (segel)
Lanjut ane ambil kunci ring 10 untuk melepas klem minus (-) AKI... ingat gaeesss untuk menghindari konsleting tiap bongkar-bongkar perangkat kelistrikan usahakan klem terminal (-) AKI dilepas. Lalu ane lepas mur 8 ditiap-tiap ujung glow plug agar bisa melepas plat besi yg menghubungkan keempat glowplug tadi. Terus ane lepas satu-satu glow plug dengan kunci shock 12 panjang. Lakukan di semua busi pemanas ke empat empatnya... Mudah bingiiittt nglepasnya gaeess...
Gambar: Pengecekan glow plug OKSekarang saatnya ane cek satu-satu glow plugnya dengan menghubungkan ujung glow plug dengan kabel menuju terminal (+) AKI. lalu bodi glow plug ane cepit dengan tang (jangan dipegang tangan langsung) dan kita tempelkan ke terminal (-) AKI. Tunggu sekitar 30 detik maka ujung busi pemanas akan menyala merah (membara) kalo msh bagus. Kalo setelah 30 detik atau lebih gak bereaksi apa-apa artinya glow plug KOIT.
Nahh di pengetesan ane dari keempat busi pemanas ini hanya 1 aja yang masih OK lainnya udh KOIT semua... So belilah ane glow plug si KD...seharga 300K untuk 4 pcs merk ACR (non ori). Kalo ori infonya sampe 300 per biji wooww,, mehong bener hahaha... Sebelum ane pasang ane tes dulu semuanya, setelah ke 4 nya OK barulah ane pasang glow plug tadi ke si KD
Ane starter dan wow amazing... mesin 4D56 punya si KD langsung bangun gaesss...mantabb bener nih. Sekarang si KD gak malas lagi kalo bangun pagi...soalnya sudah ada yg foreplay... upss, manasin si KD maksudnya ahhahaha...siapa lagi kalo bukan si Glowplug. Mantabbb...
Komentar
Posting Komentar