Langsung ke konten utama

[Tips] Berburu Boil Bekas... Susah-susah Gampang

Pengalaman ane berburu boil bekas, wabil-khusus rondo mitsubishi kuda diesel yang cukup melelahkan dan makan waktu... so disini ane mau share tips buat ente-ente yang lagi ngidam pengen boyong boil second.
Maklumlah usia Mitsubishi Kuda kan sudah 17-an tahun, so perlu List Chek Point yang perlu ente perhatikan sebelum ente putuskan beli atau tidak tuh boil second.

BODY & KAKI-KAKI
Sexy apa kagak... suit-suitts... pastikan Cat masih bagus dan body gak ada penyok, bisa buat ngaca and bayangan obyek terihat jelas tidak pletat-pletot. 
Trus nat-nat boil juga harus masih lempeng, perhatikan garis nat yg lurus dari belakang ke depan. Satu lagi nurut Bengkel kenteng, kalo boil bekas tuh seringnya cat-nya rusak di bagian kap mesin sama atap. Hooo...
Setelah cek body lanjut cek kakinya bagus kagak, perhatikan velg masih ori gak, ban masih tebel apa waktunya ganti. Trus cek kondisi fisik rem depan, bisa diliat kok brake pad-nya (kamvas rem depan) masih tebel apa kagak sama disc brake (cakram) nya masih bagus apa sudah bergelombang tanda minta ganti.
Saat test drive coba lewat jalan keriting, kalo suspensi glodagan and gak nyaman artinya ada masalah disuspensi, entah shock breker mati, karet bushing aus dll. Cek juga kondisi rem, masih pakem apa nyelonong lama berenti... Ingat pentingnya rem yang berhubungan dengan nyawa ente...
Lihat juga postur body kuda, kalau body terlihat ceper alias ndeeprok (bagian belakang rendah ) kemungkinan besar per belakang ada yang patah. Hal ini merupakan penyakit bawaan orok Kuda Generasi pertama, Kalau body terlihat ceper jangan ragu utk menawar lebih rendah harga Kuda Second nya...

KOLONG
Longok ke kolong, pastiin gak ada rembesan oli di Rack End Powersteering, karena jika ada rembesan oli, artinya ente wajib siapin uang minimal 1 Jt buat benerin Power Steering (PS). Pastiin juga ketika setir diputar ke kiri dan ke kanan mentok tidak ada suara apapun.

                                                  Gambar Rack End Power Steering

Lanjut bagian bawah mesin harus kering, pastiin kagak ada kebocoran dari carter (bak oli) di bawah mesin, bagian bawah sekitar pully (bagian depan mesin) dan juga mesin bagian belakang sama transmisi (versneleng) ada bocor enggak. Tiga bagian itu yang biasanya rembes, yakni bagian mesin depan dari seal cranshaft depan dan bagian belakang mesin dari seal crankshaft belakang. 
Modus penjual boil bekas maupun dealer boil bekas biasanya menutupi kebocoran atau rembesan olie dengan cara men DOORSMEER boil tsb, sehingga waktu di longok bagian bawah rembesan tidak terlihat karena bagian bawah tertutupi oli DOORSMEER. 
Pada Kuda Diesel, pastikan juga tidak ada kebocoran pada master kopling bawah, dan pada saat mesin di hidupkan ente injek tuh pedal kopling dalam dalam, harusnya rasa nya gak terlalu ringan alias agak berat dikit.
Sekalian waktu ente liat kekolong perhatiin chasis karatan kagak? bekas las-lasan apa enggak? knalpot sama muffler bocor apa kagak. Perhatiin juga bagian versneleng (transmisi) dan gardan (differential) trus selang-selang saluran rem ada kebocoran kagak.

                                         Gambar master kopling bawah

INTERIOR
Cek bagian interior masih original gak? Jok masih bagus apa sudah sobek-sobek ato sudah dibungkus? Plafon juga harus masih rapi, dashboad ori dan saat dilongok dari bawah gak ada kabel-kabel berseliweran gak jelas. Ada juga audio MP3 ato GPS sebagai nilai tambah.
Dan satu lagi pastikan fungsi-fungsi elektrikal berjalan dengan baik, terutama pada electric mirror Kuda SE/ Grandia, Power Window, Central Lock. 

MESIN
Mulai chek mesin, buka kap mesin dan perhatiin bagian-bagian mesin, ada kebocoran gak dibagian injection pump (bosch pump), juga disaluran-saluran pendingin oli dan saluran oli di alternator. Khusus untuk Kuda Diesel pastikan ketika mesin hidup suara terdengar renyah (keripik kaleee renyah) dan bersih dari kotoran bekas oli (*kalo kotor debu mah biasa).
Cek juga air radiator ada bercampur oli gak? kotor gak airnya? pake air biasa apa radiator coolant? Lanjut cek stick oli mesin, cek oli diujung stick standart apa lebih kental... biasanya pedagang ngasih oli mesin lebih kental supaya suara mesin diesel lebih halus waktu hidup. Perhatikan juga kondisi minyak rem, kopling dan power steering... kalo dibawah batas low, patut dicurigai ada kebocoran.
And then hidupkan engine, lalu injak pedal gas dalam-dalam jika keluar asap hitam dari knalpot mendingan ente balik kanan gak usah di lanjutkan nego nya, apalagi kalau ada asap putih udah deh tinggal saja tu boil, karena mesin diesel yang sehat memang mengeluarkan asap tapi tidak hitam tebal dan tidak putih... kalo asap putih bahaya cuy, alamat minta jajan gede, turun mesin buat ganti ring seker dkk.
Bila kondisi stasioner berasap hitam dan saat di geber panjang makin pekat asapnya dan tidak segera hilang,indikasi fuel pump (boschpump) bermasalah dan cukup mahal juga perbaikannya.
Mesin sempurna sih memang ga berasap saat idle ataupun putaran tinggi... dan kalo pun di akselarasi mendadak asap ga terlalu banyak dan cepat hilang.
Setelah test drive coba buka tutup pengisian oli, kalo keluar asap putih dan tekanan angin wush wush... itu pertanda kompresi bocor alias mesin ngobos, mending kagak usah dibeli tuh boil. Kalo penjual berdalih mesin diesel pasti begitu karena kompresi tinggi, ato pake oli sintetic jadi mudah menguap dan macem-macem alesan... NO WAY.

Biasanya waktu ente dapat mobil Mitsubishi Kuda Second, siapkan anggaran 5 Jt-an buat perbaikan, So dijamin Kuda besi ente akan nyaman diajak lari.
Oiya... pastiin juga surat-surat lengkap dan asli yee: STNK, BPKB, Faktur dll... Jangan sampe ente-ente nebus boil bodong bisa berabe ntar.


Sumber:  blog kmksemarang
                forum komunitas kuda kaskus
                forum seraya motor

Komentar

  1. Alhamdulillah menemukan blog ini. Kebetulan sy berencana beli mobil seken yang cukup handal namun relatif murah untuk perjalanan jauh bersama keluarga (pamekasan-purwokerto, pamekasan-banyuwangi rutin tiap tahun). Setelah browsing2 pilihan sy lebih cenderung ke kuda disel.
    Semua artikel di blog ini telah saya baca dan sangat-sangat membantu untuk berburu kuda disel. Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga artikel diblog ini bisa membantu Pak Andre dalam berburu kuda diesel impian, selamat berburu pak, semoga dapet kuda diesel impian. Jangan lupa share dimari ya kalo sdh nemu... hehehe. Salam satu kuda sejuta saudara...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...