Akhirnya setelah berhasil meminang Mitsubishi Kuda Diesel GLS 2000, ane mau lakuin ritual wajib buat tuh boil... maklum namanya juga rondo harus dirawat dulu sebelum dinaikin biar lancarr... upss.
Dari baca panduan sana-sini ane nemuin beberapa ritual wajib yang harus dilakuin pasca nebus boil bekas yakni:
Tap Semua Olie (Mesin, Gardan, Transmissi/ versneling)
Ini hukumnya fardhu ain aka wajib gak bisa ditawar...soalnye kan kite gak tau tuh kapan olie2 tersebut di tap oleh owner lama, so harus dilakuin tuh ritual ganti semua olie sewaktu boil pertama kali jatuh ke tangan.
Untuk kapasitas olie berikut tabelnya:
Cek Rem 4 Roda
Rem adalah bagian vital yang menyangkut keselamatan berkendara so... cek lah kondisi rem KD pasca kita kandangin digarasi.
Bawa ke bengkel langganan buat cek kebocoran master rem bawah, ketebalan kamvas rem (brake pad & brake shoe) ganti bila sudah tipis, sekalian melakukan pelumasan di bagian2 back plat (dudukan brake shoe). Dan jangan lupa buat kuras ato ganti minyak rem supaya seal2 master rem awet.
Tune Up Engine
Body boil mulus kagak ada artinye kalo mesin loyo alias gak bertenaga ya kan? So perlu dikasih obat kuat biar strong tuh engine... caranya ya di tune up.
Tune Up buat KD ini mencakup stel klep, cek filter udara & solar... ganti bila sudah kotor, cek busi pemanas (glow plug) biar mesin kembali fit dan siap digenjooott.
Ganti Timming Belt (TB).
Mitsubishi Kuda menggunakan 2 buah timming belt ( besar & kecil ), sebaiknya di ganti ke dua-dua nya karena desain dari mesin diesel Kuda dibuat tangguh dan nyaman maka ada 2 timming belt dimana timming belt kecil berfungsi sebagai balancer yg membuat getaran mesin lebih halus.
Harga satu set timming belt tidak lah mahal kisaran hanya Rp.1.000.000 s/d RP.1.500.000 termasuk lakher tensioner dan ongkos bongkar pasang nya ( harga di semarang ).
Dan gunakanlah TB yg asli buatan Kramayudha Tiga Berlian (KTB), jangan sekali-kali menggunakan produk KW non ori karena TB terpsang di dalam mesin dan jika putus maka seher akan menghantam Klep, karena putaran tidak sinkron.
Periksa Kopling
Plat kopling juga tidak kalah penting peranan nya pada KD kita, karena kalau plat kopling habis atau sudah tipis maka mesin dengan kapasitas 2500CC pun akan terasa loyo.
Cara yang paling sederhana dalam memeriksa kondisi plat kopling adalah dengan cara:
- Parkirkan kuda di tempat yg cukup lapang
- Hidupkan mesin, kemudian tarik rem tangan.
- Injak Rem kuat2
- Masukkan ke gigi 1 atau 2, tekan pedal kopling sampai mentok, kemudian injak pedal gas di rpm +/- 1500 dan lepaskan pedal kopling secara cepat.. apabila mesin mati berarti plat kopling KD masih bagus (tebal).
Kalau ane prefer langsung turunkan plat kopling ( bongkar ) dan lihat secara fisik masih tebal atau sudah tipis, ganti sekalian dgn yg baru, termasuk Drag Laher (release bearing) nya. Sekalian kuras minyak kopling biar awet seal2 master koplingnya.
Tips :
Untuk menjaga agar kantong ane tidak terkuras habis, proses ane lakukan bertahap dari point 1 dolo, kagak langsung semuaa ntar bisa Amsyonggg dahh :P.
Komentar
Posting Komentar