Langsung ke konten utama

[Tips] Ritual Wajib Pasca Nebus Rondo Mitsubishi Kuda

Akhirnya setelah berhasil meminang Mitsubishi Kuda Diesel GLS 2000, ane mau lakuin ritual wajib buat tuh boil... maklum namanya juga rondo harus dirawat dulu sebelum dinaikin biar lancarr... upss.
Dari baca panduan sana-sini ane nemuin beberapa ritual wajib yang harus dilakuin pasca nebus boil bekas yakni:

Tap Semua Olie (Mesin, Gardan, Transmissi/ versneling)
Ini hukumnya fardhu ain aka wajib gak bisa ditawar...soalnye kan kite gak tau tuh kapan olie2 tersebut di tap oleh owner lama, so harus dilakuin tuh ritual ganti semua olie sewaktu boil pertama kali jatuh ke tangan.
Untuk kapasitas olie berikut tabelnya:


Cek Rem 4 Roda
Rem adalah bagian vital yang menyangkut keselamatan berkendara so... cek lah kondisi rem KD pasca kita kandangin digarasi.
Bawa ke bengkel langganan buat cek kebocoran master rem bawah, ketebalan kamvas rem (brake pad & brake shoe) ganti bila sudah tipis, sekalian melakukan pelumasan di bagian2 back plat (dudukan brake shoe). Dan jangan lupa buat kuras ato ganti minyak rem supaya seal2 master rem awet.

Tune Up Engine
Body boil mulus kagak ada artinye kalo mesin loyo alias gak bertenaga ya kan? So perlu dikasih obat kuat biar strong tuh engine... caranya ya di tune up.
Tune Up buat KD ini mencakup stel klep, cek filter udara & solar... ganti bila sudah kotor, cek busi pemanas (glow plug) biar mesin kembali fit dan siap digenjooott.

Ganti Timming Belt (TB).
Mitsubishi Kuda menggunakan 2 buah timming belt ( besar & kecil ), sebaiknya di ganti ke dua-dua nya karena desain dari mesin diesel Kuda  dibuat tangguh dan nyaman maka ada 2 timming belt dimana timming belt kecil berfungsi sebagai balancer yg membuat getaran mesin lebih halus.
Harga satu set timming belt tidak lah mahal kisaran hanya Rp.1.000.000 s/d RP.1.500.000 termasuk lakher tensioner dan ongkos bongkar pasang nya ( harga di semarang ).
Dan gunakanlah TB yg asli buatan Kramayudha Tiga Berlian (KTB), jangan sekali-kali menggunakan produk KW non ori karena TB terpsang di dalam mesin dan jika putus maka seher akan menghantam Klep, karena putaran tidak sinkron.

Periksa Kopling
Plat kopling juga tidak kalah penting peranan nya pada KD kita, karena kalau plat kopling habis atau sudah tipis maka mesin dengan kapasitas 2500CC pun akan terasa loyo.
Cara yang paling sederhana dalam memeriksa kondisi plat kopling adalah dengan cara:
     - Parkirkan kuda di tempat yg cukup lapang
     - Hidupkan mesin, kemudian tarik rem tangan.
     - Injak Rem kuat2
     - Masukkan ke gigi 1 atau 2, tekan pedal kopling sampai mentok, kemudian injak pedal gas di rpm +/- 1500 dan lepaskan pedal kopling secara cepat.. apabila mesin mati berarti plat kopling KD masih bagus (tebal).
Kalau ane prefer langsung turunkan plat kopling ( bongkar ) dan lihat secara fisik masih tebal atau sudah tipis, ganti sekalian dgn yg baru, termasuk Drag Laher (release bearing) nya. Sekalian kuras minyak kopling biar awet seal2 master koplingnya.

Tips : 
Untuk menjaga agar kantong ane tidak terkuras habis, proses ane lakukan bertahap dari point 1 dolo, kagak langsung semuaa ntar bisa Amsyonggg dahh  :P.
     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...