Langsung ke konten utama

[Share] Korok Radiator... Jalanan Macet bikin Mesin Gerah

Share aja pengalaman pas akhir Ramadhan kemarin ane bawa kuda besi ane keluar kota buat mudik lebaran. Persiapan sudah sehari sebelumnya dilakukan dari cek kondisi air aki, kondisi minyak rem, minyak kopling, minyal power steer, cek oli mesin dan tentunya air radiator berikut reservoirnya.
Setelah semua persiapan kelar, besoknya ane mantab bawa tuh boil jalan sepanjang pantura penuh dengan barang-barang bawaan (pakaian, parcell dll). Mulanya sih asyik-asyik aja... enjoy nyetir sambil ngedengerin musik dari MP3 player yang udah default ada di boil ane, AC juga dingin maknyess...nyaman dah pokoknya.
Ane liat di meteran solar udah nunjuk seperempat, wahhh waktunya isi solar nih... jangan sampai mepet ntar masuk angin bisa berabe coz khas mesin diesel bila kondisi tangki hampir kosong akan terjadi angin yang masuk disaluran bahan bakar, orang bengkel nyebut masuk angin. Sambil pelanin jalan boil ane liat kanan kiri buat cari SPBU dan akhirnya mampir di SPBU daerah mangkang kalo gak salah inget.
Setelah isi 200K dan meteran nunjuk full ane lanjutin perjalanan.... tadi waktu isi solar di SPBU antrian dikit, beda banget sama antrian premium ato pertamax... full semua. " Untung masnya mudik pakai mobil diesel mas, gak perlu antri" kata petugas SPBU tadi... wkwkwkw bener-bener dah untung ane bawa boil diesel, coba pakai boil yang minum bensin... hadeww capek dechh.
Tiba didaerah tugu macet mulai terjadi, dari yang awalnya bisa jalan pelan, sampai jalan dan berhenti aka stop and go, and akhirnya bener-bener macet total padahal jalanan dilajur berlawanan sudah diambil satu jalur buat nambah jalan buat yang mudik. Polantas yang jaga juga terlihat sibuk mengatur lalu-lintas sambil keringetan karena kepanasan... Semangat Pak!!
Problem pun mulai terjadi... awalnya gua gak perhatiin, begitu liat meteran temperature naek hampir full ane langsung kaget dan buru-buru nyalain lampu sein buat minggir dan istirahatin boil. Setelah melalui perjuangan karena kondisi macet parah dan kondisi boil ane berada di lajur kanan, akhirnya bisa juga berhenti pas dideket tepi jalan yang ada pohonya. 
Ane berenti disitu sambil neduh ane buka kap mesin ane liat direservoir masih penuh terisi, ane ambil lap kering buat buka tutup radiator dan terlihat air berkurang, langsung dech ane tambahin air dari botol aqua yang sudah ane prepare.

Dalam hati ane berfikir kok air radiator bisa berkurang yak? apa mungkin menguap? ato tutup radiator sudah gak bisa nutup rapat lagi? ato katup ditutup radiator sudah rusak jadi gak bisa sedot air dalam tangki cadangan (reservoir)? Hmmm....
Setelah beberapa saat dan jarum temperatur turun nunjukin setengah ane lanjut lagi perjalanan, beberapa saat jalan temperatur naek lagi...hadeww... paksa dah ane jalan tanpa Ac biar temperatur gak naek terus. Kali ini bukan hanya mesinya yang gerah atpi ane juga gerah coz Ac tak matiin dan ngandelin hembusan angin siang yang panas dari kaca pintu yang ae buka...Hufff.
Sampai di Semarang ane sengaja merapat melewati tengah kota gak lewat jalan arteri, ane mo mampir ke tukang service radiator di Jalan kampung kali buat benerin radiator, sudah perlu dikorok nih kayaknya.
Alhamdulillah sampai dilokasi tuh bengkel radiator masih buka meski mepet lebaran, dan kebetulan juga antrian gak banyak jadi ane tunggu sebentar lansung dapat giliran service. "Korok yak Bang, sekalian cek tutup radiator dan selang-selangnya" kataku pada mekanik yang handle boil ane.  Gak sampai setengah jam tuh radiator sudah terlepas berikut selang atas maupun bawah.
Ane dihampiri tuh mekanik sambil bilang "Mas ini selang radiator yang bawah sekalian diganti, sudah tanda-tanda nih... empuk. Sama tutupnya sekalian kurang rapat nich". Wew... pantesan aja air yang di reservoir gak bisa kesedot ke radiator waktu airnya berkurang.

                                            Gambar kisi-kisi saluran radiator

Sementara ane liat radiator boil ane sedang dikorok, tangki radiator bagian atas dibuka trus saluran-saluran air dikisi-kisi radiator dirojok-rojok pake bilah tipis. Hmm... banyak juga kotoran karat bercampur air keluar dari lobang bawah radiator yang lansung jatuh ke bak air dibawahnya. Setelah liat sebentar ane cabut buat beli selang radiator ama tutupnya di bilangan Mataram, kebetulan lokasinya deket,
sekalian ishoma pas waktu nunjukin jam satu siang. Dapat tutup radiator berikut selang radiator atas bawah. Sampai dibengkel radiator ane sudah nangkring terpasang di boil ane tanda selesai dikorok, ane perhatiin ada bekas patrian disekeliling tangki bagian atas radiator. Sip, tinggal pasang selang atas dan selang bawah, trus kuras dan isi dengan radiator coolant... beres dan boil ane sudah siap jalan lagi.
Berikut daftar belanjaan Ane:
 - selang radiator bawah         Rp 85.000 (MR 239847)
 - selang radiator atas             Rp 85.000 (MR 239844)
 - tutup radiator (DENSO)     Rp 45.000
 - radiator coolant                  Rp 35.000
   ----------------------------------------------- +
   Total                                   Rp 250.000
   Jasa Korok radiator          Rp 160.000

Gambar selang radiator

TIPS:
* Kalo mo buka tutup radiator dalam kondisi panas mesin harus tetap nyala dalam kondisi stasioner, kalo gak air bisa muncrat. And jangan lupa gunakan lap kering/ majun untuk buka tutup radiator tsb.
* Jika nebus boil rondo alias second dan pendingin radiator menggunakan AIR jangan pernah langsung ganti COOLANT, sebaiknya radiator dan saluran sistem pendinginan dikuras lebih dahulu sebelum diganti pake radiator Coolant.
* Pastikan kipas pendingin bekerja dengan baik... perlu diketahui bahwa boil kuda menggunakan sistem VISCO FAN yang cara kerjanya kipas akan berputar semakin kencang apabila mesin terlalu panas.. cara cek nya sederhana, jika dalam keadaan dingin putar lah kipas radiator jika trasa ringan sekali berarti VISCO FAN oli nya sudah  minta Jajan hehehehe...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...