Langsung ke konten utama

[Share] Mesin Kagak Mau Hidupp... Ganti Aki

Ane masih inget bener waktu itu mau nganterin sekelurga buat silaturahim ke rumah saudara di Salatiga. Ane panasin mo panasin tuh mesin biar ntar enak dipakainya...
Hadeww gak sesuai dengan keinginan ane putar kunci kontak hanya terdengar suara kletek2 pelan  duhhh... ane coba bunyiin klakson juga suaranya lemah bener, liat lampu indikator di dashboard juga redup kagak seperti biasanya. Indikasinya ane rada curiga ini masalah aki tekor, tapi tunggu dulu ane belum periksa sekring engine/ starter barang kali putus... upss setelah ane cek ternyata enggak putus tuh, dan bener saja kalo putus mah kagak bisa di starter sama sekali, sedangkan boil ane bisa ditarter tapi kayak lemah banget gitu hanya terdengar cletak2 pelan kayak motor starter kagak kuat muter engine.


Ane coba periksa pool aki, terminal (+) dan (-) semuanya normal kagak kendor dan gak ada kerak2 putih yang biasa ganggu aliran listrik Aki. Lanjut ane cek air aki...yaelaaa... ternyata air aki sudah dibawah garis batas Low  duhhh... berabe nih ane telat banget isi air aki so elemen-elemen aki sudah gak kerendam di cairan elektrolitnya. Segera ane isi tuh dengan air aki yang kebetulan sudah ada dibagasi mobil ane, dan setelah semua sel terisi ane bawa ke Toko Aki terdekat buat distrum.
Sampai di Tempat Strum aki... lagi2 nih toko sedang tutup... oiya ini kan hari minggu, trus gimana nih... ane samperin tuh rumah pemilik toko yang kebetulan dibelakang ruko dan ane minta buat strum aki ane... tapi si empunya minta akinya buat ditinggal, diambil 2 hari kedepan coz hari ini toko libur dan beliau mau acara keluarga.
Duhh... padahal ane juga mau pake tuh boil... ane sampein tuh keperluan ane dan beliau nawarin buat beli aki baru ditokonya... sip dahh.


Banyak aki yang ditawarin dari Merk GS, Yuasa, Furukawa sampai aki kering. Sebenernya sih ane pengen aki kering karena MF alias Maintenance Free... jadi gak usah repot2 isi air aki, kan kalo telat berabe kayak yang ane alamin. Tapi berhubung harganya selangit dan duit kagak cukup akhirnya ane pilih Aki Furukawa 70Z kapasitas 75 Ampere, info pedagangnya sih sel akinya lebih tebal dan lebih awet, banyak direkomendasiin bengkel-bengkel. 


Ane dikasih garansi 1 tahun dinota pembelian sebagai jaminan keawetan aki... lumayan biasanya aki cuman garansi 6 bulan. Dapet harga 1,1 jt... karena ane tukar tambah jadi kepotong 150 ribu buat aki bekas ane yang gak kepakai....
Stelah terpasang dimobil ane...jreng jreng langsung dah mesin boil nyala dengan sekali starter.... Alhamdulillahh rencana silaturahmi ke rumah saudara bisa terlaksana...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...