Ane masih inget bener waktu itu mau nganterin sekelurga buat silaturahim ke rumah saudara di Salatiga. Ane panasin mo panasin tuh mesin biar ntar enak dipakainya...
Hadeww gak sesuai dengan keinginan ane putar kunci kontak hanya terdengar suara kletek2 pelan duhhh... ane coba bunyiin klakson juga suaranya lemah bener, liat lampu indikator di dashboard juga redup kagak seperti biasanya. Indikasinya ane rada curiga ini masalah aki tekor, tapi tunggu dulu ane belum periksa sekring engine/ starter barang kali putus... upss setelah ane cek ternyata enggak putus tuh, dan bener saja kalo putus mah kagak bisa di starter sama sekali, sedangkan boil ane bisa ditarter tapi kayak lemah banget gitu hanya terdengar cletak2 pelan kayak motor starter kagak kuat muter engine.
Ane coba periksa pool aki, terminal (+) dan (-) semuanya normal kagak kendor dan gak ada kerak2 putih yang biasa ganggu aliran listrik Aki. Lanjut ane cek air aki...yaelaaa... ternyata air aki sudah dibawah garis batas Low duhhh... berabe nih ane telat banget isi air aki so elemen-elemen aki sudah gak kerendam di cairan elektrolitnya. Segera ane isi tuh dengan air aki yang kebetulan sudah ada dibagasi mobil ane, dan setelah semua sel terisi ane bawa ke Toko Aki terdekat buat distrum.
Sampai di Tempat Strum aki... lagi2 nih toko sedang tutup... oiya ini kan hari minggu, trus gimana nih... ane samperin tuh rumah pemilik toko yang kebetulan dibelakang ruko dan ane minta buat strum aki ane... tapi si empunya minta akinya buat ditinggal, diambil 2 hari kedepan coz hari ini toko libur dan beliau mau acara keluarga.
Duhh... padahal ane juga mau pake tuh boil... ane sampein tuh keperluan ane dan beliau nawarin buat beli aki baru ditokonya... sip dahh.
Banyak aki yang ditawarin dari Merk GS, Yuasa, Furukawa sampai aki kering. Sebenernya sih ane pengen aki kering karena MF alias Maintenance Free... jadi gak usah repot2 isi air aki, kan kalo telat berabe kayak yang ane alamin. Tapi berhubung harganya selangit dan duit kagak cukup akhirnya ane pilih Aki Furukawa 70Z kapasitas 75 Ampere, info pedagangnya sih sel akinya lebih tebal dan lebih awet, banyak direkomendasiin bengkel-bengkel.
Ane dikasih garansi 1 tahun dinota pembelian sebagai jaminan keawetan aki... lumayan biasanya aki cuman garansi 6 bulan. Dapet harga 1,1 jt... karena ane tukar tambah jadi kepotong 150 ribu buat aki bekas ane yang gak kepakai....
Stelah terpasang dimobil ane...jreng jreng langsung dah mesin boil nyala dengan sekali starter.... Alhamdulillahh rencana silaturahmi ke rumah saudara bisa terlaksana...
Komentar
Posting Komentar