"Happy New Year 2018" Selamat Tahun Baru Guys...Tahun Baru Semangat Baru... hahaha. Tak terasa 6 bulan lewat semenjak terakhir korok radiator dan ganti selang radiator... waktunya kuras air radiator nih. Kuras radiator ideal dilakukan 1 tahun sekali alias 20.000 km, sama halnya dengan kuras minyak rem dan minyak kopling. Tapii... lebih afdhol kalo dilakukan 6 bulan sekali coz kuras radiator hanya perlu air bersih so... bisa dikerjaain sendiri, GRATIZZ cuy. Obat coolant radiator juga gak mahal kok, kisaran 50K makanya ane siapin aja biar mesin ademm.
Gambar: Air kotor dari mesin bersirkulasi (proses kuras)
Berikut langkah-langkah kuras radiator versi ane:
- Buka tutup radiator
- Kendorkan klem selang radiator atas, lepas selang radiator atas dari radiator
- Hidupkan mesin 5-10 menit sampai termostat terbuka
- Biarkan air keruh keluar dari selang radiator atas
- Isi radiator dengan air bersih dari selang kran dari lubang pengisian radiator untuk menjaga air tetap bersirkulasi.
- Lihat air yang keluar dari selang atas radiator bila telah bersih dan tidak keruh lagi berarti sudah clear proses kurasnya. Proses ini biasanya memerlukan waktu sekitar 15 menit tergantung kondisi kotor tidaknya sistem pendinginan
- Lepas selang air bersih dari pengisian radiator.
- Pasang kembali selang radiator atas dan kencangkan klem pengikatnya
- Isikan radiator coolant ke radiator, sisakan sedikit buat reservoir.
- Cuci tabung reservoir sampai bersih, isikan sisa coolant dan tambahkan air bersih sampai batas atas (UP)
- Pasang kembali reservoir
- Matikan mesin, tambahkan air bersih ke radiator sampai penuh
- Pasang tutup radiator, pastikan kencang
Gambar : Radiator coolant Mitsubishi
Sekedar catatan bahwa radiator coolant yang dipakai adalah type concentrat (merk Mitsubishi ato Isuzu), jadi bisa dicampur air bersih.
Kalo semisal gunain coolant non concentrat maka tidak perlu ditambahkan air, cukup coolant saja... proses pengisian setelah langkah ke-6,
- Matikan mesin, buka tutup kuras radiator bawah, biarkan seluruh air keluar dari radiator dan tutup kembali sampai rapat.
- Pasang selang radiator atas, kencangkan klemnya.
- Isikan radiator coolant ke radiator sampai penuh, pasang tutup radiator (pastikan kencang ya cuy)
- Cuci reservoir, pasang dan isi dengan radiator coolant sampai batas UP.
Kelar dahhh sekarang mesin bisa adem ayemm...demikian cuy step by step cara kuras radiator versi ane.
baiknya termostat dipasang atau dicopot ya pakde ?
BalasHapustermostat sebaiknya dipasang agar suhu kerja mesin (80-90 °C) cepat tercapai... sehingga bisa didapat tenaga optimal dan efisiensi BBM tentunya.
Hapusmohon info suhu, letak thermostat kuda diesel dmn ya?
BalasHapuspaling gampang lihat dari selang radiator atas yg kearah mesin, ada house out (pipa aluminium)...letak termostat didalam situ, kalo house out dibuka akan keliatan tuh termostatnya.
HapusApakah tidak sama L300? Kalau L300 setahu saya di selang bawah menuju mesin? Maaf kalau salah tolong di brnarkan yh🙏
Hapusbaik Kuda diesel maupun L300 diesel sama-sama menggunakan mesin 4D56, jadi letak termostat pada house out (pipa keluar yang menuju selang atas radiator).
Hapus