Langsung ke konten utama

[DIY] Bikin Mesin Ademm...Kuras Radiator & Coolant

"Happy New Year 2018" Selamat Tahun Baru Guys...Tahun Baru Semangat Baru... hahaha. Tak terasa 6 bulan lewat semenjak terakhir korok radiator dan ganti selang radiator... waktunya kuras air radiator nih. Kuras radiator ideal dilakukan 1 tahun sekali alias 20.000 km, sama halnya dengan kuras minyak rem dan minyak kopling. Tapii... lebih afdhol kalo dilakukan 6 bulan sekali coz kuras radiator hanya perlu air bersih so... bisa dikerjaain sendiri, GRATIZZ cuy. Obat coolant radiator juga gak mahal kok, kisaran 50K makanya ane siapin aja biar mesin ademm.

                       Gambar: Air kotor dari mesin bersirkulasi (proses kuras)

Berikut langkah-langkah kuras radiator versi ane:
 - Buka tutup radiator
 - Kendorkan klem selang radiator atas, lepas selang radiator atas dari radiator
 - Hidupkan mesin 5-10 menit sampai termostat terbuka
 - Biarkan air keruh keluar dari selang radiator atas
 - Isi radiator dengan air bersih dari selang kran dari lubang pengisian radiator untuk menjaga air tetap bersirkulasi.
 - Lihat air yang keluar dari selang atas radiator bila telah bersih dan tidak keruh lagi berarti sudah clear proses kurasnya. Proses ini biasanya memerlukan waktu sekitar 15 menit tergantung kondisi kotor tidaknya sistem pendinginan
 - Lepas selang air bersih dari pengisian radiator.
 - Pasang kembali selang radiator atas dan kencangkan klem pengikatnya
 - Isikan radiator coolant ke radiator, sisakan sedikit buat reservoir.
 - Cuci tabung reservoir sampai bersih, isikan sisa coolant dan tambahkan air bersih sampai batas atas (UP)
 - Pasang kembali reservoir
 - Matikan mesin, tambahkan air bersih ke radiator sampai penuh
 - Pasang tutup radiator, pastikan kencang

                                          Gambar : Radiator coolant Mitsubishi

Sekedar catatan bahwa radiator coolant yang dipakai adalah type concentrat (merk Mitsubishi ato Isuzu), jadi bisa dicampur air bersih.
Kalo semisal gunain coolant non concentrat maka tidak perlu ditambahkan air, cukup coolant saja... proses pengisian setelah langkah ke-6, 
  - Matikan mesin, buka tutup kuras radiator bawah, biarkan seluruh air keluar dari radiator dan tutup kembali sampai rapat.
  - Pasang selang radiator atas, kencangkan klemnya. 
  - Isikan radiator coolant ke radiator sampai penuh, pasang tutup radiator (pastikan kencang ya cuy)
  - Cuci reservoir, pasang dan isi dengan radiator coolant sampai batas UP.

Kelar dahhh sekarang mesin bisa adem ayemm...demikian cuy step by step cara kuras radiator versi ane. 


Komentar

  1. baiknya termostat dipasang atau dicopot ya pakde ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. termostat sebaiknya dipasang agar suhu kerja mesin (80-90 °C) cepat tercapai... sehingga bisa didapat tenaga optimal dan efisiensi BBM tentunya.

      Hapus
  2. mohon info suhu, letak thermostat kuda diesel dmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling gampang lihat dari selang radiator atas yg kearah mesin, ada house out (pipa aluminium)...letak termostat didalam situ, kalo house out dibuka akan keliatan tuh termostatnya.

      Hapus
    2. Apakah tidak sama L300? Kalau L300 setahu saya di selang bawah menuju mesin? Maaf kalau salah tolong di brnarkan yh🙏

      Hapus
    3. baik Kuda diesel maupun L300 diesel sama-sama menggunakan mesin 4D56, jadi letak termostat pada house out (pipa keluar yang menuju selang atas radiator).

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Share] Dimana Sih Letak Nomer Mesin & Rangka KD ?

Ceritanya nieh.. ane mo ngebayar pajak KD ane yang bentar lagi ulang taon. Naah..kan bisa tuh bayar pajak dikantor samsat online, enak kagak ribet pake antri segala.  Ane datang pagi sekitar pukul 8:00 WIB ke BPD Jateng lantai 1, Jl Pemuda Semarang, tempat salah satu samsat online berada. Dan benar ajah gak sampai 10 menit nunggu sudah dipanggil tuh nama ane, cepet bener yak gak kayak di Samsat aslinya wkwkwk. Bayarnya juga cuman pajak ama jasa raharja aja gak pke pungli2 macam2...uenakkk. Sebelumnya tentu saja ane sudah siapin BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli, gak perlu fotocopy... hemat. KTP Asli ane pinjem dari owner sebelumnya coz ini belum balik nama, Planningnya sih akan ane balik nama buat tahun depan, sekalian pas plat nomer habis hehehe... Berikut penampakan pajak yang ane bayar: Sepulang dari samsat online, Eh jadi teringat dolo waktu awal nyari KD ane sempat browsing-browsing buat tahu letak nomor mesin dan nomer chasis (rangka) buat dicocokin ama surat2 ...

[Share] Pengalaman Ganti Timing Belt Kuda Diesel

Ceritanya Sabtu kemarin ane abis service boil Mitsubishi Kuda Diesel GLS '2000. Awalnya ada tetesan oli mesin di lantai, dikit sih tapi bikin was-was, awalnya ane pikir carter alias bak oli yang rembes, eee... setelah ane liat kekolong mesin sekeliling pinggiran carter kering, hanya bagian depan aja yang rembes. Ane curiga nih bocor dari seal crankshaft (*bengkel biasa sebut kruk as) depan coz rembesan berada dibagian depan sekitar Timing Belt. So mumpung libur ane bawa boil ane ke bengkel langganan di bilangan Karangayu Cepiring. Mekanik disana ex Mekanik Beres Mitsubishi jadi bisa diandalkan pegang boil mitsubishi ane.   Gambar Bagian depan mesin yang dibongkar Sehari sebelumnya ane contact mekanik disana, dan dikasih tau supaya datang pagi coz hari sabtu biasanya bengkel lebih ramai, ane pun ikutin saran tsb dan datang pagi-pagi ke bengkel kira-kira pukul 7.45. Sempet nunggu sebentar karena bengkel baru buka pukul 8.00, setelah dicek ternyata bener, oli mesin rembes...

[Share] Ritual Pertama... Ganti Olie Lengkaap

Kali ini ane mau share ritual pertama ane pasca nebus rondo boil KD GLS 2000 yakni ganti olie lengkap. Mumpung weekend libur sekalian ane mampir ke bengkel di bilangan Cepiring buat lakuin tuh ritual pertama... Olie Mesin Mitsubishi Kuda menggunakan mesin diesel konvensional alias belum common rail jadi sesuai spec bisa gunain oli grade CD semisal Meditran SC dari pertamina sudah melebihi spec dan oli bisa diganti tiap 5.000 Km. Berhubung lagi ada dana nih ane sengaja pake oli yang diatas spec yakni Meditran SX grade CF... yang bisa diganti sampai 7.500 Km wuihhh lumayannn lame. Karena ane sekalian ganti filter oli jadi kapasitas olinya 6 Liter, kalo tanpa ganti oil filter cukup 5 lt.                                      Olie Versneling (transmisi) Buat oli versneling cukup gunain Pertamina SAE 90 sesuai spec dengan kapasitas 2 liter. Tapiii... berhubung kagak ade stok ...